Pemkab Gowa Target 67.827 Anak Dapat Imunisasi Polio

Selasa, 23 Juli 2024 | 19:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa melaksanakan Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024 yang berlangsung di TK Al-Muhajirin, Kelurahan Kalegowa, Kecamatan Somba Opu, Selasa (23/07/2024).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, drg. Abd Haris mengatakan, pemberian imunisasi polio tersebut diperuntukkan bagi anak usia 0 sampai 7 tahun 11 bulan 29 hari. Dimana tanpa melihat status imunisasi polio sebelumnya.

pt-vale-indonesia

“Untuk jumlah sasaran anak yang akan mengikuti imunisasi polio ini sebanyak 67.827 orang,” terangnya.

Ia mengungkapkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan PIN Polio ini adalah untuk memutus transmisi virus polio, dan meningkatkan imunitas terhadap polio. Sehingga dapat mencegah terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio.

“Terjadinya kejadian luar biasa vaccine derived polio tipe 2 di beberapa kabupaten/kota serta dilaporkannya kasus polio virus tipe 1 sehingga diperlukan upaya penanggulangan melalui imunisasi. Sehingga untuk memutus mata rantai penularan vaccine derived polio tipe 1 dan 2 diperlukan imunisasi,” kata Abd Haris.

Sementara, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania mengatakan, melalui pelaksanaan pencanangan PIN Tahun 2024 diharapkan masyarakat (orang tua), hingga pihak-pihak terkait dapat memahami pentingnya imunisasi polio.

“Hal ini merupakan bagian dari upaya kita untuk memastikan generasi muda kita tumbuh sehat dan kuat, bebas dari penyakit yang dapat dicegah melalui imunisasi,” ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa imunisasi polio lengkap merupakan pencegahan yang paling efektif dalam mencegah penyakit polio. Ia pun mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gowa untuk mensukseskan PIN Polio 2024 ini.

“Agar virus tidak menular dan menyebar luas di masyarakat maka kita semua harus memastikan anak-anak kita yang merupakan sasaran mendapatkan imunisasi polio lengkap di seluruh desa hingga kelurahan yang ada,” pungkasnya.

Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional Polio tahun 2024 ini juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf Camat Somba Opu, Sekretaris Camat Somba Opu dan Wakil Ketua TP PKK Kecamatan Somba Opu, Lurah, beserta masing-masing Ketua Tim Penggerak PKK Tngkat Kelurahan.(*)


BACA JUGA