CIMB Niaga Alokasikan Rp54 Triliun untuk Dukung Transisi Ekonomi Rendah Karbon

Jumat, 26 Juli 2024 | 17:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga mengalokasikan sebanyak Rp54,1 Triliun atau hampir 26 persen dari total pembiayaan bank untuk mendukung transisi ekonomi rendah karbon. Sekaligus mendukung Perjanjian Paris dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG).

Demikian disampaikan Direktur Compliance, Corporate Affairs, and Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei. Dia menjelaskan ini merupakan komitmen pihaknya dalam mendukung keberlanjutan dan mitigasi perubahan iklim.

pt-vale-indonesia

“Ini merupakan bukti komitmen CIMB Niaga untuk tidak hanya mengejar profit, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang,” katanya saat Media Gathering yang diadakan di Hyatt Place, Jalan Sudirman, Jumat (26/07/2024).

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari The Cooler Earth Series 2024.

Fransiska menyoroti fenomena pemanasan global yang semakin memburuk dengan kemarau berkepanjangan dan suhu yang meningkat tajam di berbagai belahan dunia.

Dia juga menyebut, kondisi ini menjadi tanggung jawab bersama untuk mencegah dan mengurangi kenaikan suhu ini.

“Indonesia menjadi salah satu negara yang berkomitmen untuk menahan kenaikan suhu bumi, salah satunya dengan mencapai net zero carbon,” jelas Fransiska.

CIMB Niaga, kata Fransiska, berpartisipasi aktif dalam mendukung pemerintah mencegah pemanasan global melalui berbagai program keberlanjutan. Beberapa langkah konkret yang diambil antara lain penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, efisiensi operasional melalui teknologi untuk mengurangi tatap muka, serta penciptaan produk yang mendukung keberlanjutan seperti diskon khusus bagi nasabah.

Dalam aspek tata kelola dan manajemen risiko kredit, CIMB Niaga mensyaratkan nasabah untuk mengurangi emisi jika menggunakan emisi yang berlebihan, misalnya melalui perusahaan yang bersertifikat hijau. CIMB Niaga juga aktif dalam tanggung jawab sosial dan advokasi keterlibatan pemangku kepentingan melalui komunikasi dengan nasabah dan regulator.

“Kontribusi CIMB Niaga dalam mencapai emisi nol bersih gas rumah kaca terlihat dari tercatatnya kami sebagai pembeli pertama unit karbon dalam pasar bursa karbon,” jelas Fransiska.

Selain itu, lanjut Fransiska CIMB Niaga mendukung pembiayaan panel surya dan mengurangi penggunaan kertas.(*)


BACA JUGA