Politeknik Bosowa Gelar Monev, Siapkan EXPO 2024

Senin, 05 Agustus 2024 | 10:08 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Politeknik Bosowa (Poltekbos) gelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) program Competitive Fund Vokasi 2024 di kampus Poltekbos selama dua hari, Kamis (01/082/2024) dan Jumat (02/08/2024).

Kegiatan ini didanai oleh Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

pt-vale-indonesia

Seperti nama kegiatannya, pemantauan dan evaluasi kemajuan pelaksanaan program dan luaran kegiatan Competitive Fund 2024, yang telah dijanjikan sesuai dengan berita acara verifikasi kelayakan yang telah disepakati untuk dilaksanakan.

Kegiatan ini melibatkan Tim Monev dari Direktorat KLSD Kemdikbudristek, Perwakilan Yayasan Bosowa Education, BPH Poltekbos, Direktur beserta jajarannya, Tim CF 2024, Program Studi Mekatronika sebagai prodi penerima hibah, Dosen Pengampu Teaching Factory (TeFa), Komisi Pengadaan Barang dan Jasa, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa.

Selama Monev berlangsung, dilakukan verifikasi laporan kemajuan yang telah diunggah dengan mencocokkan setiap bukti dukung dari program yang telah dilaksanakan termasuk capaian dan kendala-kendalanya, pemeriksaan ketercapaian luaran, pemeriksaan laporan penggunaan keuangan, dan hal-hal teknis lain yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan pelaksanaan CF 2024. Selanjutnya melihat proses produk unggulan spesifik program studi yaitu Robot Automatic Guided Vehicle (AGV) dan Silo Filling Machine yang mendukung peta jalan prodi Mekatronika terhadap proses Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di TeFa.

Ketua Task Force, Dewi Andriani menyampaikan kegiatan CF 2024 berlangsung lancar dan mencapai kesepakatan antara Politeknik Bosowa dan Direktorat KLSD Kemdibudristek yang tertulis dalam berita acara kemajuan CF 2024.

“Kami berharap, program ini bisa terus berlanjut menciptakan kemandirian untuk kampus dengan produk unggulan dari TeFa PoltekBos, membentuk jiwa Wirausaha Mahasiswa, meningkatkan Kompetensi Mahasiswa hingga mudah diterima di Dunia Industri di dalam dan luar negeri,” paparnya.

Dewi juga berharap banyaknya manfaat yang didapatkan melalui kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dapat dirasakan oleh seluruh sivitas akademika Politeknik Bosowa, seperti adanya Peningkatan Tata Kelola dan Kualitas Pembelajaran berbasis TeFa, peningkatan level Kompetensi Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa, yang mana khususnya untuk mahasiswa diharapkan agar mampu melaksanakan magang di luar negeri sebagai salah satu manfaat kegiatan CF 2024 ini,” harapnya.

Ia juga menambahkan wajib adanya peningkatan Brand Value Politeknik Bosowa dan Program Studi kepada Masyarakat dan Mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dengan pelaksanaan Campus Exhibition pada bulan Agustus ini. Pelaksanaan Expo ini akan diadakan di Politeknik Bosowa dengan melibatkan siswa SMA/SMK/MA, Mitra Dudi, Dinas terkait, serta terbuka untuk Umum. (*)


BACA JUGA