Jambore Cabang Gowa Diikuti 2.232 Anggota Pramuka

Jumat, 30 Agustus 2024 | 18:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 2.232 anggota Pramuka mengikuti Jambore Cabang (Jamcab) ke-13 tahun 2024 tingkat Kabupaten Gowa di Bumi Perkemahan HM Yasin Limpo, Cadika, Kecamatan Bajeng, Jumat (30/08/2024).

Jambore Cabang Gowa dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

pt-vale-indonesia

Ketua Panitia Pelaksana, Taufik Mursad mengatakan Jambore Cabang XIII ini mulai dilaksanakan pada 28 Agustus sampai 1 September mendatang.

Tema yang diangkat yaitu “Riang, Inovatif, Kreatif dan Berprestasi” yang bertujuan untuk membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian keterampilan persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang, serta komitmen terhadap Penghayatan dan pengalaman kode kehormatan pramuka yaitu Satya Dharma Pramuka.

Kegiatan ini kata dia diikuti warga perkemahan Jamcab ke-13 tahun 2024 sebanyak 2.232 orang. Terdiri atas panitia pelaksana 80 orang, peserta 1.880 orang yang terdiri 235 regu dari 150 pangkalan SMP, dan SD se-Kabupaten Gowa sebanyak 232 orang, pimpinan dan staf kontingen ranting 40 orang.

Lebih lanjut, Taufik menyampaikan arah kegiatan Jambore Cabang Gowa tahun 2024 yakni penguatan dan pengembangan diri peserta dalam hal pengetahuan dan kecakapan kepramukaan kebangsaan, keterampilan hidup, kepedulian sosial dan lingkungan, serta kewirausahaan dikembangkan dengan pendekatan riang, inovatif kreatif, berprestasi.

“Kita susun dalam beberapa kegiatan seperti galang bela negara, galang humanity, galang petualangan hebat, galang wawasan dan teknologi, penyajian makanan tradisional dan permainan tradisional, galang wisata, dan tradisi Jambore pentas seni dan cerita unggun api,” sebutnya.(*)


BACA JUGA