Pilgub Sulsel, Andi Sudiman-Fatmawati yang Pertama Periksa Kesehatan di RSUP Wahidin

Jumat, 30 Agustus 2024 | 09:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Paslon Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi menjadi paslon pertama yang datang untuk mengikuti proses pemeriksaan kesehatan di Private Care Center Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Jumat (30/08/2024).

Andi Sudirman hadir mengenakan kemeja warna biru tua. Ia hadir sekitar pukul 06.45 Wita. Sementara Fatmawati datang 15 menit kemudian.

pt-vale-indonesia

Keduanya disambut Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan Hasbullah.

“Alhamdulillah pagi ini yang pertama hadir Pak Andi Sudirman Sulaiman calon gubernur Sulawesi Selatan dan kemudian Ibu Fatma, karena sudah terjadwal pagi ini,” ungkap Hasbullah.

“Hari ini kita masuk tahapan pemeriksaan kesehatan, setelah kemarin kita melakukan proses pendaftaran untuk Provinsi Sulawesi Selatan. Ada dua pasangan calon dan kedua-duanya akan melakukan pemeriksaan kesehatan,” kata Ketua KPU Sulsel.

KPU Sulsel memastikan, bahwa semua yang diperiksa dengan cara yang sama dengan tim pemeriksa yang sama, sebagaimana amanah UU Nomor 10 Tahun 2016 Pasal 7 ayat 2 Huruf F, bahwa calon mampu secara jasmani dan rohani dan tidak menyalahgunakan narkotika.

“Sebagaimana pemeriksaan tim kesehatan secara menyeluruh prinsipnya adalah mampu secara jasmani dan rohani. Pemeriksaan kesehatan ini jadi penentu apakah mampu secara jasmani dan rohani, dan tidak menyalahgunakan narkotika,” jelasnya.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar adalah Prof. Dr. dr. Syafri Kamsul Arif, mengatakan, bahwa RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar menyiapkan 45 dokter spesialis, atau sekitar 58-60 jika ditambah dengan perawat.

“Terkait fisik misalnya pemeriksaan penyakit dalam pemeriksaan kardiologi, X-Ray, MRI, dan pemeriksaan kejiwaan melibatkan teman-teman dari dokter-dokter psikiatri. Terkait dengan narkoba kami kerjasama Badan Narkotika Nasional dan itu juga kita sudah menjadi satu tim di rumah sakit ini,” tuturnya.

” Alhamdulillah kita siap untuk mengawal pemeriksaan calon pemimpin-pemimpin kita. Ini juga rutin dilakukan di Rumah Sakit Wahidin 5 tahun sekali kami melakukan screen ini kepada pasangan calon Bupati, Gubernur dan calon pemimpin dalam wilayah KPU Sulsel, bahkan Sulselbar,” sebutnya.

Sementara itu, Andi Sudirman Sulaiman mengaku siap mengikuti pemeriksaan kesehatan.

“Kita juga sudah puasa dari jam 10 malam. Kita berdoa Insya Allah semua sehat-sehat saja,” kata Andalan.

Sementara itu, Fatmawati Rusdi menyebut, tidak ada persiapan khusus dalam menghadapi pemeriksaan kesehatan pagi ini. Mengingat, dirinya sudah beberapa kali maju dalam kontestasi politik baik legislatif maupun eksekutif.

“Apalagi saya rutin general check up setiap tahun,” katanya kepada wartawan.

Fatmawati mengaku telah berpuasa selama 8 jam untuk pemeriksaan sampel darah.

“Alhamdulillah kita sudah sampai di tahap kedua bagian dari pendaftaran ini. Terima kasih untuk KPU, Bawaslu, dan tim dokter rumah sakit nantinya,” ucapnya lalu masuk melakukan pemeriksaan. (*)


BACA JUGA