32 Anggota Pramuka Arifah Gowa Dipersiapkan Ikut Seleksi Jambore Nasional

Senin, 02 September 2024 | 17:52 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arifah Kabupaten Gowa tengah mempersiapkan siswa-siswi anggota Pramuka terbaiknya untuk mengikuti seleksi Jambore Nasional dua tahun kedepan.

Salah satu persiapan nya adalah, mengikutkan sebanyak 32 siswa anggota Pramuka dalam kegiatan Jambore Cabang (Jamcab) Tingkat Kabupaten Gowa beberapa waktu lalu.

pt-vale-indonesia

Pembina Pramuka MTs Arifah Gowa, Nurhalifah menuturkan, anggota Pramuka MTs Arifah Gowa ini baru pertama kali mengikuti Jambore Cabang Gowa setelah 9 tahun dilaksanakan yakni pada tahun 2015 lalu.

Menurut dia, puluhan siswa anggota Pramuka yang ikut Jambore Cabang ini akan mendapatkan banyak ilmu, teman dan tentunya pengalaman-pengalaman yang menarik.

“Seperti kita ketahui, jambore adalah pesta Pramuka Penggalang terbesar yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Gowa,” ujarnya, Senin (2/9/2024).

“Kegiatan 4 tahunan sekali ini sayang kalau kita tidak ikutkan siswa. Apalagi mempersiapkan anggota untuk ikut seleksi jambore nasional 2 tahun kedepan yaitu tahun 2027,” sambungnya.

Nurhalifah yang akrab disapa Bu “Nona” ini juga mengungkapkan bahwa, Jambore Cabang ini merupakan kesempatan emas bagi siswa untuk menunjukkan keterampilan dan pengetahuan mereka di bidang kepramukaan.

“Kami sangat bangga dengan antusiasme dan semangat siswa-siswa dalam kegiatan ini. Mereka telah mengikuti berbagai latihan intensif yang mencakup keterampilan tali-temali, navigasi, hingga kepemimpinan,” ujarnya.

Selain latihan fisik dan keterampilan teknis, para siswa juga dibekali dengan pengetahuan tentang kepramukaan yang mencakup sejarah Pramuka, etika, serta wawasan kebangsaan.

Kegiatan ini dilakukan tidak hanya untuk memastikan siswa siap secara teknis, tetapi juga memiliki mental yang kuat dan mampu berkolaborasi dengan baik.

Inayah Annailah, salah satu siswi yang dipilih untuk mengikuti kegiatan Jambore Cabang mengungkapkan rasa bangganya bisa menjadi bagian dari kegiatan ini.

“Saya sangat senang bisa terpilih dan ikut kegiatan Jambore Cabang ini. Ini adalah pengalaman yang luar biasa, dan saya berharap bisa memberikan yang terbaik dalam kegiatan kepramukaan yang akan datang,” tukasnya. (*)


BACA JUGA