Deklarasi Damai Tiga Pilar, Upaya Ciptakan Pilkada Aman di Takalar

Rabu, 04 September 2024 | 18:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

TAKALAR, GOSULSEL.COM — Cooling System Deklarasi Damai oleh Tiga Pilar (Lurah, Kades, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) di Wilayah Polres Takalar berlangsung di Baruga Panrannuangku, Rabu (04/09/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Pj Bupati Takalar yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Perekonomian, H. Haris Kulle, Kapolres Takalar, AKBP Gotam Hidayat, Dandim 1426 Takalar, Letkol Kav Nanang Sudjatmiko, Ketua KPU Takalar, Hamdani Pattiha, Ketua Bawaslu yang diwakili oleh Ince Hady Rahmat, para PJU, para Kapolsek, Danramil, Kepada Desa/Lurah, para Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

pt-vale-indonesia

Deklarasi ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan tahapan Pilkada di Kabupaten Takalar berjalan dengan aman dan damai.

Kapolres Takalar, AKBP Gotam Hidayat dalam sambutannya mengajak Tiga Pilar Kamtibmas dan Penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam mensukseskan seluruh tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Takalar.

“Saat ini tahapan Pilkada sudah berjalan, dan sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Kampanye. Saya berharap kepada Tiga Pilar Kamtibmas yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Lurah/Kades untuk selalu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang keamanan dan ketertiban, jaga kerukunan, persatuan dan kesatuan,” tutur Kapolres Takalar, AKBP Gotam Hidayat.

Senada dengan Kapolres, Pj. Bupati Takalar yang diwakili oleh Staf Ahli H. Haris Kulle mengatakan dengan kebersamaan dan kesatuan dalam menyambut Pilkada Tahun 2024 di Kabupaten Takalar. Insya Allah Pilkada akan berjalan dengan lancar, aman dan damai.

“Setiap tahapan pilkada mulai dari kampanye pemungutan suara hingga perhitungan suara diharapkan dapat berlangsung dengan transparan dan damai dengan adanya kolaborasi antara TNI, Polri, pemerintah Desa/Kelurahan dan penyelenggara Pemilu,” ucap Haris Kulle.

Sementara itu ditempat terpisah, Kapolres Takalar, AKBP Gotam Hidayat melalui Kasi Humas Polres Takalar mengatakan, kegiatan Cooling System Deklarasi Pemilu Damai sebagai bagian dari upaya menciptakan suasana kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Takalar.

“Hari ini kita melakukan Cooling System dengan Deklarasi Aman dan Damai, melibatkan tiga pilar yaitu Lurah/Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas,” kata Abdul Karim.

“Tujuan dari deklarasi ini adalah untuk menyatukan seluruh unsur ASN, TNI-POLRI, dan memberikan mereka pengetahuan tentang bagaimana menjaga agar Pilkada di Kabupaten Takalar berjalan dengan aman dan tertib,” lanjut Abdul Karim.

“Dengan sinergi antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat, kami berharap seluruh tahapan Pilkada dapat berlangsung tanpa adanya gangguan, sehingga situasi Kamtibmas di Kabupaten Takalar tetap aman dan kondusif,” pungkas Abdul Karim.(*)


BACA JUGA