Perkuat Komitmen Energi Terbarukan, KALLA Gandeng Suryanesia Manfaatkan Energi Surya

Rabu, 11 September 2024 | 19:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — KALLA bersama Suryanesia telah menandatangani perjanjian pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Pengoperasiannya akan dilakukan di lingkup unit bisnis KALLA, antara lain NIPAH Park dan Kalla Toyota Gowa tahun ini.

Melalui pemanfaatan PLTS atap, KALLA akan dapat menghasilkan energi bersih sebesar 543.127 kWh dan mengurangi jejak karbon sebesar 426.355 ton CO2e setiap tahunnya. Pemanfaatkan energi bersih tersebut merupakan pengejawantahan akan komitmen KALLA dalam membangun bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat memberikan dampak lingkungan dan sosial yang positif. PLTS atap itu sendiri merupakan contoh terkini dari beragam kebijakan serta program Environmental, Social, and Governance (ESG) perusahaan. Penandatanganan perjanjian kerja sama ini berlangsung dalam sela-sela pelaksanaan Kalla Youth Fest (KYF) 2024 di NIPAH Park, Minggu (08/09/2024).

pt-vale-indonesia

Jajaran direksi KALLA yang hadir ialah Marketing, Strategy & Digitalization KALLA; Zumadi S.M. Anwar, Chief Executive Officer Kalla Land & Property, Ricky Theodores; dan Chief Finance Officer Kalla Automotive, Transport & Logistics, Sjaiful Kasim serta Founder; dan CEO dari Suryanesia, Rheza R. Adhihusada.

“Kerja sama pemanfaatan PLTS ini merupakan salah satu bagian dari renewable energy dari KALLA. Sebenarnya, kita sudah punya yang terbesar di PLTA Poso dengan kapasitas 515 Mega Watt, kemudian ada juga di PLTA Kerinci dan pada beberapa wilayah lainnya. Dengan begitu, komitmen kita terhadap renewable energy tidak perlu diragukan lagi,” ungkap Zumadi.

Dalam kesempatan yang sama, Rheza menyampaikan, “Suryanesia berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh KALLA sehingga kami dapat membantu KALLA dalam membangun bisnis yang berkelanjutan. Dengan solusi Solar-as-a-Service dari Suryanesia, KALLA dapat memanfaatkan energi surya sebagai energi bersih tanpa belanja modal dan tanpa repot. Sebab, Suryanesia akan bertanggung jawab penuh terhadap pendanaan, perizinan, pembangunan, pengoperasian hingga pemeliharaan PLTS atap.”

Suryanesia sendiri merupakan perusahaan energi bersih yang bertujuan untuk mengurangi tingkat gas rumah kaca sehingga manusia dapat hidup seimbang dengan alam. Selain di NIPAH Park dan Kalla Toyota Gowa, Suryanesia juga mengoperasikan PLTS atap di Gaia Bumi Raya City, Plaza IBCC, dan lokasi lainnya.
Kalla Youth Fest 2024 sukses digelar selama dua hari, 7-8 September 2024 di Rooftop NIPAH PARK. Pada edisi keenam kali ini, Kalla Youth Fest 2024 menghadirkan berbagi kegiatan seru seputar well being, environment, ESG danSustainability.
Selain kegiatan talkshow dan entertainment, Kalla Youth Fest 2024 memberikan ruang kepada seluruh pengunjung untuk berkontribusi terhadap lingkungan melalui Carbon Offset Program.

Dimana, 1 tiket pengunjung yang dibeli melalui Kallafriends sama dengan 1 bibit pohon. Tidak hanya itu, setiap transaksi minimal 5 ribu Rupiah melalui Kallafriends juga senilai 1 bibit pohon. Tercatat lebih dari 28 ribu bibit yang terkumpul dalam event ini.

Untuk informasi seputar KALLA, masyarakat dapat mengikuti akun Instagram @kallagroup @lifeatkalla dan @kallafriends. Selain itu, dapat pula mengakses website kalla.co.id atau menghubungi langsung Kalla Care di nomor 0811 4414 030 dan 0411 300 0103.(*)

Tags:

BACA JUGA