Gowa Borong 6 Penghargaan di Harganas Sulsel, Adnan : Capaian Luar Biasa

Kamis, 12 September 2024 | 13:33 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa meraih 6 (enam) penghargaan di Bidang Bangga Kencana dari BKKBN pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan di Maros beberapa waktu lalu.

Keenam penghargaan tersebut yakni Juara Pertama Bina Keluarga Balita (BKB) Terbaik, Juara Tercepat Implementasi Ini Genting, Terbaik Pertama Pekan Pelayanan 100.000 Akseptor KB PP dalam rangka Hari Kependudukan Nasional, Terbaik Pertama Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, Terbaik Pertama Pelayanan KB Serentak dalam rangka HUT IBI ke-3 dan Terbaik Kedua Capaian Pelayanan KB Serentak dalam rangka Hari Kartini.

pt-vale-indonesia

Atas capaian itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku penghargaan tersebut berkat kerjasama dan kolaborasi seluruh pihak khususnya di Dinas PPKB bersama jajaran yang terus berkomitmen dalam program bangga kencana termasuk dalam penurunan stunting di Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah tentu ini capaian yang luar biasa dan perlu diapresiasi atas kerja-kerja seluruh pihak yang terkait, semoga ini menjadi motivasi untuk terus bekerja dengan baik terutama dalam menurunkan angka stunting kita yang juga merupakan salah satu fokus pemerintah pusat,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud mengatakan ada dua fokus program dalam capaian penghargaan tersebut yakni program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dan percepatan penurunan stunting yang tujuannya mengarah dalam mewujudkan keluarga berkualitas.

“Jadi kegiatan yang ada di BKKBN itu erat kaitannya dengan pembangunan keluarga berkualitas percepatan penurunan stunting seperti di bina keluarga balita, mendorong bagaimana agar perkembangannya bukan hanya fisik yang kita dorong, tetapi perkembangan mental juga dan itu adalah bagian dari penilaian apakah anak itu stunting atau tidak stunting sehingga penghargaan yang kita raih ini menunjukkan adanya keberhasilan dalam program tersebut,” sebutnya.

Lebih lanjut, Sofyan Daud menyampaikan penghargaan yang paling menonjol terkait dengan capaiannya dalam pekan pelayanan 100.000 Akseptor KB, dimana Gowa mampu meraih diatas target yakni 275,58 persen yang mengantarkan Gowa meraih Terbaik I tingkat Sulsel.

“Jadi khusus untuk penghargaan yang berkaitan dengan pelayanan KB itu adalah Gowa memang tertinggi capaiannya diantara 24 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan, khususnya kita Terbaik I Pekan Pelayanan 100.000 Akseptor KB PP yang dilaksanakan secara nasional dan alhamdulillah untuk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan kita yang terbaik,” tambahnya.

Olehnya dirinya berharap dengan diraihnya penghargaan ini kolaborasi terus terjalin, terlebih Pemkab Gowa dibawah kepemimpinan Adnan-Kio terus memiliki komitmen yang tingga dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas.

“Apa yang kita raih tidak lepas dari berbagai arahan bapak Bupati dan pak Wakil Bupati. Insya Allah capaian-capaian ini kedepan akan semakin bagus, karena kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri tetapi harus dengan kolaborasi dengan semua pihak dan mitra,” harapnya.(*)


BACA JUGA