Apresiasi Bapenda Palu Lihat Kinerja Bapenda Makassar Genjot PAD Rp1,5 Triliun

Kamis, 19 September 2024 | 15:43 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar menerima kunjungan dari Bapenda Kota Palu. Kunjungan dilakukan untuk melihat cara peningkatan PAD di Makassar yang di nilai berhasil.

“Tadi ada kunjungan dari Bapenda Palu di pimpin Sekban Bapenda Kota Palu bersama 5 pejabatnya. Jadi ingin mengetahuia strategi Bapenda Kota Makassar dalam hal loncatan capaian PAD,” kata Kabid Pajak Daerah Bapenda Kota Makassar Muhammad Ambar Sallatu dalam keterangannya, Kamis 19 September 2024.

pt-vale-indonesia

Memed sapaan akrabnya mengatakan Bapenda Palu datang ingin melihat cara Makassar berhasil meningkatan PAD yang bernilai triliunan. Ia di sebut ingin mencontoh Kota Makassar.

‘Tadi saya sampaikan sebagai Kabid Pajak daerah menyampaikan tahun 2023 capaian realisasi PAD tembus di angka Rp 1.5 T atas konsolidasi dan arah kepala Bapenda Kota Makassar Firman Hamid Pagarra,” jelasnya.

Menurutnya peningkatan PAD Makassar terus terjadi berkat kerjasama semua pihak, termasuk breanding Kota Makan Enak.

“Saya menjelaskan terkait 3 hal yakni profil Kota Makassar dan branding kota makan enak. Program Bapenda dalam menjalankan capaian PAD dan program unggulan Pakinta,” ucapnya.

Sementara itu, Sekertaris Bapenda Kota Palu Abdul hafid menjelaskan kunjungannya untuk melihat proses capaian PAD Kota Makassar yang sangat tinggi. Ia kaget melihat PAD Kota Makassar bisa menargetkan Rp 1,5 T.

“Sebenarnya giat kami upaya-upaya optimalisasi pajak daerah di Kota Palu. Jadi beberapa jenis pajak yang sangat signifikan di Makassar sehingga benar tercapai loncakan tinggi yang hanya Rp 500 M kini sekarang bisa Rp 1.5 T,” katanya.

Olehnya itu kata Hafid apa yang dia dapatkan di Bapenda Kota Makassar khususnya dalam pengelolaan wajib pajak bisa di terapkan di Kota Palu.

“Informasi yang di berikan sangat terbuka, jadi harus jadi contoh dan pola dan strategi Makassar. Terus terang saya tertarik dengan penjelasan memang cukup strategis yang harus di terapkan Kota Palu,” tutupnya. (*)


BACA JUGA