Hari Kedua PKKMB, Universitas Bosowa Kenalkan Prinsip Ewako kepada Mahasiswa Baru

Selasa, 24 September 2024 | 16:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pada hari kedua pelaksanaan PKKMB Inklusi Unibos 2024 diisi dengan agenda pengenalan Core Value Bosowa yaitu “EWAKO” serta Visi dan Misi Universitas Bosowa (Unibos) kepada Mahasiswa Baru Tahun 2024 Unibos yang kini telah bergabung sebagai keluarga besar Bosowa, Selasa (24/09/2024).

Talkshow sesi kedua ini, dipandu oleh Dosen Prodi HI Unibos, Ayu Kartika J. Tas’an, S.IP., M.A., bersama tiga pembicara utama yaitu Ketua BPH Yayasan Aksa Mahmud, Asrul Hidayat, Munafri Arifuddin dan Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si. yang turut dihadiri oleh Ketua LLDIKTI Wilayah IX Sultanbatara, Dr. A. Lukman, M.Si., Ketua Yayasan Aksa Mahmud, Hj. Melinda Aksa serta jajaran pimpinan Yayasan Aksa Mahmud dan Jajaran Wakil Rektor Unibos serta dosen dari berbagai Fakultas di Unibos.

pt-vale-indonesia

Adapun Core Value Bosowa “EWAKO” memuat lima nilai utama yaitu ‘E’ bermakna Excellent yang artinya memberikan yang terbaik pada setiap hal yang dilakukan, kemudian ‘W’ memiliki makna Walk The Talk yang artinya menyatukan pemikiran dan perbuatan, kemudian ‘A’ memiliki makna Adaptive artinya kita harus mampu beradaptasi dan memiliki growth mindset, kemudian ‘K’ bermakna Kinship artinya kita menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, terakhir ‘O’ bermakna Onward artinya memiliki pemikiran untuk berkembang dan menjadi lebih baik dari hari ini.

Dalam menawab pertanyaan dari moderator, Asrul Hidayat menjelaskan bahwa kelima prinsip utama ini berasal dari tiga pilar prinsip yang ditanamkan oleh H. Aksa Mahmud sebagai Founder dari Bosowa Corporindo yaitu untuk bekerja ketas, bejalar terus menerus, dan berserah diri pada Yang Maha Kuasa agar dapat diterapkan oleh seluruh karyawan maupun mahasiswa yang telah menjadi keluarga besar Bosowa.

“Berbicara tentang Bosowa tidak bisa terlepas dari Founder kita, bapak H. Aksa Mahmud dengan tiga pilar yang beliau sampaikan bahwa kita hidup harus bekerja dengan keras, belajar terus dan selalu mendekatkan diri dengan Yang Maha Kuasa. Kemudian, dari tiga pilar tersebut dibentuk core Value dari Bosowa yaitu “EWAKO” yang harus tertanam pada seluruh insan Bosowa termasuk adik-adik mahasiswa,” tuturnya.

Di sisi lain, Rektor Unibos, Prof. Dr. Ir. Batara Surya, S.T., M.Si. turut mengenalkan visi dan misi Unibos kepada mahasiswa baru yang hadir sebagai awal untuk lebih mengenal Unibos secara mendalam dari tujuan yang ingin dicapai.

“Core value yang Bosowa ini memiliki keterkaitan erat dengan visi dan misi yang ingin Unibos capai yaitu untuk membentuk SDM yang unggul, berjiwa entrepreneur, memiliki daya saing, memiliki sikap mandiri, mampu memanfaatkan teknologi informasi dan memiliki waasan global. Untuk mencapai tujuan ini, mulai bentuk pikiran positif dan keinginan untuk selalu menjadi yang terbaik dalam setiap yang anda kerjakan,” tuturnya.

Terakhir, Munafri Arifuddin sebagai pembicara terakhir pada talkshow ini turut menyampaikan sambutannya pada menyambut mahasiswa baru dan mengungkapkan pentingnya untuk memahami core value yang dimiliki oleh kampus tempat mereka mengemban pendidikan.

“Selamat datang untuk Mahasiswa Baru Unibos tahun 2024, kalian sudah menjadi keluarga besar Bosowa Corporindo salah satu perusahaan multinasional dari Indonesia Timur. Dan penting bagi adik-adik sekalian untuk mengenali core value Bosowa yang bernama “EWAKO”. Nilai-nilai ini kami terapkan pada kehidupan sehari-hari maupun pada kehidupan bisnis yang dijalani,” tutupnya.

Perjalanan mahasiswa baru di Unibos ini tentunya akan melalui berbagai pengalaman yang akan membentuk diri mahasiswa setelah lulus nantinya, sehingga ketiga pembicara pada talkshow kali ini menyampaikan kepada seluruh mahasiswa agar tetap disiplin dan selalu menjalankan tugas dengan konsisten dan berpikir terbuka untuk mencapai hasil yang terbaik dan membangun masa depan yang cerah dengan membawa nama besar Bosowa.(*)

Tags:

BACA JUGA