HUT ke-3, Momentum Pelindo Perkuat Konektivitas Indonesia

Minggu, 29 September 2024 | 18:29 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo saat ini memasuki usia ke-3 tahun. Di hari ulang tahun ini menjadi momentum untuk memperkuat konektivitas Indonesia.

Direktur Regional 4 Pelindo, Abdul Azis menyampaikan pihaknya terus memperkuat konektivitas dengan berbagai cara. Pelindo, kata dia, ingin mempertegas posisinya sebagai pemimpin ekonomi maritim berstandar dunia.

pt-vale-indonesia

“Tentu saja dalam hal ini ada keinginan dan visi dalam hal untuk memperluas konektivitas, karena Pelindo sebagai gateway atau pintu gerbang tentu saja tidak hanya cukup di situ,” ujarnya saat Jalan Sehat Pelindo Day 2024 di Pelabuhan Makassar, Minggu (29/09/2024).

Dengan konektivitas yang lebih baik, Abdul Azis meyakini arus logistik di pelabuhan dan industri bisa semakin lebih mudah sesuai dengan tema jalan sehat yakni Merajut Nusantara Majukan Indonesia.

“Inilah bentuk merajut artinya seluruh daerah bisa di connecting sehingga arus logistik itu bisa lebih mudah dan lebih murah, kalau itu terjadi Pasti Indonesia maju,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo Jasa Maritim, Arief Prabowo menyatakan upaya memperkuat konektivitas saat ini sudah dilakukan melalui digitalisasi.

“Di Pelindo sendiri sudah ada beberapa aplikasi yang menghubungkan semua, Jadi kalau kapal misalnya memuat peti kemas, katakanlah 500 dari Belawan, turun 100 di Priok, 200 di merak, 100 turun di Makassar itu langsung diketahui,” ujarnya.

Pasca merger, menurut Arief, konektivitas makin mudah sehingga perlu diperkuat lagi.

“Dengan adanya penyatuan ini selama 3 tahun ini kita lebih mudah secara operasional untuk mengontrol. Kita pindahkan dari pelabuhan satu ke pelabuhan lain standarnya sudah sama, aplikasinya sama,” tukasnya. (*)

Tags:

BACA JUGA