Yayasan Wakaf UMI Tunjuk Prof Hambali Thalib sebagai Plt Rektor

Senin, 30 September 2024 | 18:47 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Yayasan Wakaf (YW) UMI memastikan keberlangsungan segala aktivitas akademik Universitas Muslim Indonesia (UMI) tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Hal ini menyusul masalah yang tengah dihadapi belakangan ini. YW UMI akhirnya memutuskan memberhentikan sementara Prof Sufirman Rahman dari jabatan sebagai Rektor UMI dan mengangkat Pelaksana Tugas (Plt) Rektor, Prof Hambali Thalib.

pt-vale-indonesia

Pemberhentian sementara dan pengangkatan Plt ini tertuang dalam Surat Keputusan YW UMI yang dibacakan Sekretaris Pengurus YW UMI, Abd Halim di Menara UMI, Lt. 6, Jalan Urip Sumohardjo, Senin (30/09/2024).

Dalam surat keputusan itu, YW UMI mengangkat Prof Hambali Thalib sebagai Plt Rektor UMI. Sebelumnya Prof Hambali, sapaan akrabnya menjabat Ketua Bidang Hukum, Pengembangan dan Pengendalian Pendidikan YW UMI.

Ketua Pengurus YW UMI, Prof Masrurah Mokhtar menegaskan bahwa pengangkatan Plt Rektor UMI ini telah melalui mekanisme serta pertimbangan demi kepentingan institusi.

“Tadi kita telah menyaksikan penyerahan SK Plt Rektor. Langkah ini sebagai antisipasi demi memastikan aktivitas akademik berjalan dengan baik. Tentu ke depan kita harus mengambil langkah-langkah dengan senantiasa mempertimbangkan kepentingan institusi, harapnya.

Lanjut dikatakan, semua pihak tetap berjalan dengan tugas kita masing-masing. Sepanjang melakukan kebenaran dan mematuhi aturan, Insya Allah tidak akan ada masalah. UMI tidak berdiri atas kepentingan golongan, suku, apalagi kepentingan individu.

“Semoga UMI, Insya Allah lebih baik dibawah kepemimpinan Prof. Hambali,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pembina YW UMI, Prof H Mansyur Ramly berharap apa yang terjadi hari ini semakin menguatkan komitmen seluruh elemen di UMI dalam keterikatan pada konsepsi jamaah.

“Prioritas utama adalah kepentingan institusi karena dengan demikian kita semua bisa merasakannya dalam membangun konsep jamaah. Dalam komitmen ke-UMIan, tidak hanya menekankan hanya leader yang baik, tetapi juga follower yang baik juga. Dalam pengabdian kita harus ikhlas dan amanah demi memajukan UMI yang kita cintai,” tuturnya.

Kegiatan penyerahan SK Plt Rektor UMI, disaksikan langsung oleh unsur pimpinan YW UMI, jajaran Wakil Rektor, serta anggota senat Akademik.(*)


BACA JUGA