Ilham Fauzi Serukan “Frugal Living” untuk Sandwich Generation, Apa Itu?

Rabu, 09 Oktober 2024 | 17:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Calon Wakil Wali Kota Makassar nomor 3, Ilham Ari Fauzi Amir Uskara, menyoroti tantangan yang dihadapi oleh sandwich generation. Dimana, generasi ini harus menanggung beban keuangan untuk menghidupi diri sendiri dan orang tua serta saudara-saudaranya.

Mengenai hal itu, Ilham Fauzi menilai perlunya gaya hidup hemat atau frugal living untuk mengatasi tekanan finansial yang semakin berat.

pt-vale-indonesia

Itu ditegaskan Ilham Ari Fauzi dalam dialog yang digelar Aliansi Matahari Muda dengan tema “Yang Muda, Yang Berdaya” di Kotakopi, Jalan Serigala, Kota Makassar, Rabu (09/10/2024). Dialog tersebut dihadiri puluhan pemuda yang dimotori Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Makassar, Nasruddin.

Dalam kesempatan itu, Ilham Fauzi menjawab pertanyaan salah satu peserta dialog tentang bagaimana mengatasi tantangan sandwich generation yang berada di tengah situasi yang sulit.

“Memang saat ini banyak teman-teman yang termasuk dalam sandwich generation dan itu sangat terasa. Mereka harus mendukung keuangan orang tua dan saudara-saudaranya yang masih membutuhkan biaya pendidikan dan kebutuhan hidup lainnya. Beban finansial ini bisa sangat menekan jika tidak dikelola dengan baik,” ungkap Ilham.

Pemuda berusia 25 tahun ini menegaskan bahwa frugal living adalah salah satu solusi untuk meringankan beban finansial generasi tersebut.

“Dengan menerapkan gaya hidup hemat, mereka bisa mengelola pengeluaran sehari-hari dengan lebih efisien, menabung untuk keperluan masa depan, dan memastikan kebutuhan keluarga terpenuhi tanpa harus berutang atau mengorbankan kualitas hidup. Kita coba terapkan itu. Jadi misalkan kita mau ngopi, kalau bisa cari yang harga kopinya lebih murah dengan kualitas sama. Sehingga kita bisa lebih menekan pengeluaran,” jelasnya.

Ilham juga menyarankan beberapa langkah praktis yang bisa diadopsi oleh sandwich generation dalam menjalani gaya hidup hemat.

Seperti membuat anggaran keluarga yang terperinci. Mengelola pendapatan dan pengeluaran secara rinci agar lebih mudah mengontrol kebutuhan.

“Memprioritaskan kebutuhan dasar. Jadi kita harus mengutaman kebutuhan penting, sambil menunda pengeluaran untuk keinginan yang tidak mendesak. Kalau ada kebutuhan, usahakan cari alternatif yang lebih murah namun tetap berkualitas,” ujar lulusan Teknik Sipil Internasional Universitas Indonesia ini.

Selain itu, Ilham Fauzi yang akrab disapa Dang Tayang juga mendorong generasi muda, baik kaum millenial, maupun Gen-Z untuk investasi masa depan.

“Caranya menyisihkan sebagian kalau sudah ada pendapatan untuk investasi kecil-kecilan yang bisa membantu mempersiapkan keuangan jangka panjang,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya dukungan pemerintah bagi generasi ini. Sebagai calon Wakil Walikota, Ilham berkomitmen untuk mengembangkan kebijakan yang bisa meringankan beban ekonomi sandwich generation, seperti program subsidi pendidikan dan kesehatan, serta penyuluhan manajemen keuangan bagi keluarga.

“Kami memahami tekanan besar yang dihadapi oleh mereka yang termasuk dalam sandwich generation. Oleh karena itu, kami akan mendorong pemerintah untuk lebih proaktif dalam menyediakan solusi yang dapat membantu mengurangi beban ekonomi mereka. Frugal living adalah salah satu cara untuk menjaga stabilitas keuangan mereka di masa sulit ini,” tandasnya.

Ilham berharap dengan pendekatan ini, sandwich generation di Makassar bisa lebih siap menghadapi tantangan keuangan, sambil tetap merawat keluarga dan membangun masa depan yang lebih baik.

“Dengan pengelolaan keuangan yang baik dan dukungan kebijakan pemerintah, saya yakin kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih stabil dan sejahtera bagi sandwich generation di Makassar,” tutup Ilham.(*)


BACA JUGA