Mentan Andi Amran Sulaiman saat menyerahkan bantuan alat mesin pertanian dan bibit unggul kepada Pemkab Gowa dan petani Kabupaten Gowa dengan total senilai Rp 65,4 miliar

Amran Sulaiman Gelontorkan Bantuan Senilai Rp 65,4 Miliar di Gowa

Jumat, 11 Oktober 2024 | 19:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman menyerahkan berbagai bantuan alat mesin pertanian dan bibit unggul kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dan petani Kabupaten Gowa dengan total senilai Rp 65,4 miliar.

Adapun bantuan tersebut yakni 41 unit combine harvester, 20 unit pompa air, 20 unit traktor roda dua, bibit padi inbrida 15.849 ha, benih jagung hibrida 25.110 ha yang diserahkan secara simbolis ke 18 kecamatan.

pt-vale-indonesia

Andi Amran Sulaiman mengatakan bantuan ini untuk memastikan stok pangan Indonesia aman, khususnya di Kabupaten Gowa sekaligus menuju Indonesia lumbung pangan dunia.

“Kami terus bergerak ke seluruh Indonesia dan sekarang sudah 11 bulan kami keliling untuk memastikan pangan kita aman. Mimpi kita paling lambat tiga tahun ke depan Indonesia akan swasembada pangan bahkan kita akan menjadi lumbung pangan dunia nantinya,” katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni secara bertahap melakukan transformasi pertanian dari tradisional menjadi modern yang dimulai dengan menggunakan alat-alat pertanian tinggi, salah satunya bantuan yang diberikan hari ini.

“Kontretnya di Gowa akan di klaster dimulai dengan 5.000 hektare lahan modern. Semuanya tidak lagi menggunakan tradisional, tanam pakai, kemudian panen seperti tadi menggunakan combine harvester, dan mengolah menggunakan traktor. Jadi klaster yang kami bangun adalah sejajar dengan negara maju sehingga nanti petani-petani dan para pemuda mau bertani karena menggunakan teknologi tinggi. Karena yang terpenting adalah dalam pertanian modern, kami libatkan generasi milenial dan generasi Z,” jelas Mentan.(*)


BACA JUGA