Jajaki Peluang Investasi, Delegasi Misi Bisnis Spanyol Kunjungi Pelabuhan Balikpapan dan KKT

Rabu, 16 Oktober 2024 | 19:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Balikpapan menjadi tuan rumah atas kunjungan Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol yang dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib, yang bertujuan untuk menjajaki peluang investasi dan kerja sama di sektor logistik dan perdagangan.

Kunjungan delegasi yang terdiri dari Duta Besar RI untuk Spanyol, Atase Perdagangan KBRI Madrid, Prabhata Ganendra (Genda), Manager of Maspalomas Real Estate Mr. Juan Luis García, Business Development Manager for ASEAN of IDOM ⁠Ms. Melba Martin, dan Staf Atase Perdagangan KBRI Madrid, Mahadi Surya ini disambut hangat oleh Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis bersama Direktur Utama PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) Enriany Muis, General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Balikpapan Suhadi Hamid, dan Vice President Layanan Operasi PT Pelindo Terminal Petikemas Rouland Prakarsa Koswara, serta para pejabat terkait lainnya di Pelindo Group wilayah kerja Balikpapan.

pt-vale-indonesia

Kunjungan di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Rabu (16/10/2024) ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Spanyol, sekaligus menggali potensi kerja sama yang saling menguntungkan.

Duta Besar RI untuk Spanyol, Muhammad Najib menyatakan, “Kami sangat terkesan dengan potensi Pelabuhan Semayang dan melihat banyak peluang untuk kolaborasi, terutama dalam meningkatkan efisiensi logistik dan perdagangan.”

Dia menambahkan bahwa kunjungan ini merupakan langkah positif dalam mempererat kerja sama antara kedua negara. “Kami berharap dapat menjalin kemitraan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.”

Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Spanyol, serta mendorong peningkatan investasi asing di sektor-sektor strategis seperti energi, infrastruktur, dan perdagangan.

Menurut dia, kunjungan ini juga merupakan langkah positif dalam memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. “Diharapkan, kunjungan ini dapat menghasilkan kerja sama yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih luas di masa depan,” ujarnya.

Selain mengunjungi Pelabuhan Semayang, Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol juga berkesempatan untuk mengunjungi PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT), perusahaan yang dibentuk Pelindo untuk mengelola dan memberikan jasa kepelabuhanan di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Delegasi Misi Bisnis dari Spanyol berkesempatan melihat langsung ruangan Planning & Control Port of Kariangau, yang merupakan salah satu bentuk transformasi PT KKT dalam mendukung pelayanan berbasis PnC serta untuk lebih meningkatkan koordinasi dalam operasional di pelabuhan.

Direktur Utama PT KKT Enriany Muis mengatakan, ruang pengendali operasi yang baru diresmikan pada sekitar pertengahan Agustus 2024 ini merupakan fasilitas yang dapat mengatur seluruh aktivitas di Terminal Petikemas Kariangau.

“Ini adalah tahap yang dilakukan dalam mendukung pelayanan berbasis PnC dan memungkinkan koordinasi yang lebih baik lagi ke depannya,” kata Enriany.

Adapun, kunjungan Delegasi Misi Bisnis ini diharapkan dapat membuka jalan bagi kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dan Spanyol, serta mendorong investasi di sektor yang strategis.(*)


BACA JUGA