Staf Khusus (Stafsus) Bidang Keamanan dan Intelijen, Adam Muhammad Gazali

Beri Penguatan RB, Stafsus Menkumham Apresiasi Kinerja Kanwil Kemenkumham Sulsel

Kamis, 17 Oktober 2024 | 18:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapatkan apresiasi atas kinerjanya oleh Staf Khusus (Stafsus) Bidang Keamanan dan Intelijen, Adam Muhammad Gazali.

Hal ini disampaikan Adam dalam Penguatan Reformasi Birokrasi yang diselenggarakan di Aula Pancasila Kanwil Kemenkumham Sulsel, Kamis (17/10/2024).

pt-vale-indonesia

Pertemuan ini diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Taufiqurrakhman didampingi Para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Struktural, serta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulsel.

“Di bawah kepemimpinan Kakanwil Taufiqurrakhman, Kanwil Kemenkumham Sulsel telah menunjukan kinerja terbaiknya yang ditandai dengan adanya beberapa UPT yang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Disamping itu, realisasi anggaran kanwil telah menunjukan serapannya hingga menyentuh angka 69,34%,” kata Adam dalam sambutannya.

Walaupun demikian, Stafsus Adam tetap meminta kepada seluruh jajaran baik di Kanwil maupun di UPT untuk terus meningkatkan dan mempertahankan kinerja terbaik. Hal ini penting agar kelak akan ada UPT lainnya yang belum berpredikat bisa mendapat predikat WBK, serta UPT yang sudah WBK bisa naik ke WBBM. Serta serapan anggaran hingga akhir tahun diharapkan dapat mengalam kenaikan presentasenya.

“UPT yang sudah berpredikat baik WBK atau WBBM harus bisa pertahankan konsistensi kinerjanya agar jangan sampai hilang predikat tersebut. Untuk itu, dibutuhkan kerja keras dari seluruh pegawai serta perlunya keterlibatan pemimpin sebagai role model. Ini adalah bagian dari tindakan keikhlasan dan kerja keras dari seluruh pimpinan dan pegawai,” jelas Adam.

Menutup sambutannya, Adam yakin melalui kinerja yang optimal serta memiliki niat yang baik, seluruh UPT dan Kanwil dapat berproses menjadi unit kerja terbaik di Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Kakanwil Taufiqurrakhman dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Stafsus Adam yang telah menyambangi Kanwil Kemenkumham Sulsel. Taufiqurrakhman memaparkan bahwa saat ini UPT yang telah meraih WBBM hanya Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar, sementara UPT yang telah meraih WBK ada 12 UPT diantaranya Kanwil Kemenkumham Sulsel, Rutan Pinrang, Kanim Parepare, Lapas Watampone, Bapas Watampone, Rutan Pangkep, Lapas Palopo, Lapas Bulukumba, Lapas Parepare, Rutan Bantaeng, Rutan Barru, dan Rutan Sengkang.

“Pada tahun 2024, akan ada 4 (empat) UPT yang masuk dalam usulan satker WBK yaitu Lapas Makassar, Rutan Jeneponto, Rutan Watansoppeng, dan Bapas Palopo. Untuk itu dengan adanya penguatan ini, diharapkan ke-4 UPT tersebut dapat meraih predikat WBK tahun ini,” ucap Taufiqurrakhman dengan optimis.

Taufiqurrakhman juga meminta kepada satker yang telah meraih WBK/WBBM pada periode sebelumnya, untuk dapat memepertahankan bahkan meningkatkan kinerjanya di dalam memberikan pelayanan publik bagi masyarakat.

Terkait dengan serapan anggaran, Taufiqurrakhman mengapresiasi serapan anggaran per 15 Oktober 2024 mencapai 69,34%. Taufiqurrakhman yakin presentase tersebut akan meningkat bila seluruh jajaran kanwil turut berkontribusi dalam memaksimalkan serapan anggaran. “Jika dikerjakan dengan baik dan tepat waktu, maka serapan anggaran pada pertengahan Desember nanti dapat tembus mencapai diatas 98%,” ucap Taufiqurrakhman dengan optimis.

Pertemuan ini kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah-tamah seluruh jajaran pegawai Kanwil Sulsel.(*)