Pesona Alam dan Budaya Bulukumba Tutup Perjalanan Etape Final NMAX Tour Boemi Nusantara

Senin, 21 Oktober 2024 | 19:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Setelah sukses menempuh jarak sejauh lebih dari 5.000 Kilometer saat mengeksplorasi keindahan alam serta budaya di Pulau Jawa, Bali, NTB, Sumatera serta Kalimantan, rangkaian touring NMAX Tour Boemi Nusantara (NTBN) kini memasuki babak akhir. Hal tersebut ditandai dengan telah dimulainya kegiatan touring jarak jauh itu di Pulau Sulawesi pada 18 sampai 21 Oktober 2024, yang melibatkan para awak media serta komunitas Maxi Yamaha setempat.

Pada NTBN etape final di wilayah Sulawesi Selatan ini, total jarak yang ditempuh kurang lebih menyentuh angka 500 kilometer dengan rute Makassar menuju ke Bantimurung, Watampone, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto dan finish kembali ke Kota Makassar. Rute yang dipilih ini terbilang menarik dan menantang, karena memang medan yang dilalui peserta akan sangat bervariasi mulai dari jalan perkotaan yang padat, jalan menanjak-menurun di pegunungan, pesisir laut, hingga jalan yang membelah hutan di area perbukitan.

pt-vale-indonesia

“NMAX Tour Boemi Nusantara kini telah memasuki etape final yang ke-12 setelah sebelumnya sukses mengeksplorasi banyak pulau-pulau besar di Indonesia. Sebagai etape penutup, tentu perjalanan touring kali ini harus terasa spesial. Maka dari itu, rute yang kami pilih pun adalah mengunjungi Bulukumba yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di wilayah Sulawesi Selatan yang tidak hanya sarat akan budaya Masyarakat Bugis, tetapi juga menyajikan banyak sekali spot-spot menarik kelas dunia. Seperti Pantai Tanjung Bira, Tebing Apparallang yang dijuluki Raja Ampatnya Sulsel, Tugu Titik 0 Kilometer Sulawesi Selatan, hingga Kampung Tana Beru yang merupakan sentra produksi kapal pinisi masyarakat Bugis yang sudah sangat melegenda,” ungkap Paulus Paul Himawan W. selaku Chief Yamaha area Sulawesi.

Peserta touring NMAX “TURBO” dan NEO di Sulawesi Selatan memulai perjalanannya dari Dealer Yamaha SJAM Cabang Maros dan kemudian langsung bergerak ke arah timur menuju Taman Nasional Bantimurung. Setelah tiba di sana, mereka menikmati sejenak keindahan alam Bantimurung yang terkenal dengan keindahan barisan batu krast yang menjulang tinggi dan menjadi habitat dari beragam jenis kupu-kupu. Setelah itu, rombongan bergerak menuju Watampone, Kab. Bone dan menginap di sana. Rute menuju Watampone yang melewati banyak dataran tinggi dengan tikungan-tikungan yang sempit dan tajam, tentunya memberikan sensasi berkendara yang begitu menantang bagi para peserta.

Pada hari kedua, dari Watampone perjalanan dilanjut menuju kota Sinjai menyusuri pantai pesisir timur di Sulawesi Selatan. Sepanjang jalan, para peserta disuguhkan dengan pemandangan indah berupa laut lepas, lengkap dengan tebing serta batu-batu karangnya. Rombongan pun tiba di Sinjai tepat pada waktu makan siang, alhasil mereka mampir ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lappa dan menikmati sajian seafood. Setelahnya perjalanan pun dilanjutkan menuju Bulukumba dan menginap di pinggir Pantai Tanjung Bira.

Hari ke-3 pun tiba, di momen inilah para peserta NTBN melakukan eksplorasi wilayah Bulukumba secara maksimal. Dimulai dengan mengunjungi Tebing Aparallang yang eksotis, lalu lanjut ke Titik 0 Kilometer Sulsel dan Kampung Tana Beru yang merupakan pusat pengrajin kapal pinisi. Tana Beru sendiri merupakan kampung adat yang sudah cukup tua dan masyarakatnya memang sudah terkenal memiliki keterampilan dalam memproduksi kapal-kapal penisi yang umum digunakan oleh para pelaut Bugis dalam mengarungi perairan Nusantara sejak lama.

Agenda selanjutnya, peserta touring bertolak kembali menuju Makassar melalui kota Bantaeng dan menyempatkan mampir ke Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Jeneponto yang memiliki kincir angin raksasa. Touring NTBN etape final pun resmi berakhir di hari ke-3 tatkala para peserta tiba di Sentral Yamaha Makassar pada malam hari.

Sejak dimulai pada bulan Juli lalu, NTBN telah menjadi aktivitas penting dalam memberikan pengalaman berkendara bersama NMAX “TURBO” dan NEO kepada para awak media dan komunitas Maxi Yamaha. Setidaknya 200 bikers di lebih dari 15 kota di Indonesia telah berpartisipasi dalam kegiatan ini dan mereka sukses mencatatkan perjalanan sejauh kurang lebih 5.500 kilometer melibas medan jalan dari ujung Barat hingga Timur Indonesia. Untuk rangkaian rekap keseruan touring NTBN dapat dilihat di akun resmi Instagram @yamahaindonesia.(*)