Adnan Semangati Camat & Lurah di Gowa Tingkatkan Penerimaan Pajak

Rabu, 06 April 2016 | 12:26 Wita - Editor: Syamsuddin -

Gowa, Gosulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyemangati para camat, lurah dan kepala desa, agar bisa meningkatkan realisasi penerimaan pajak. Hal itu dilakukan Adnan saat memberikan sambutan pada penyerahan Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) dan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT), Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun pajak 2016, di Kantor Bupati Gowa, Rabu (6/4/2016).

Ia meminta seluruh pihak untuk bersinergi mewujudkan kemandirian daerah, salah satu caranya dengan meningkatkan realisasi penerimaan pajak. “Semakin kompleksnya kebutuhan masyarakat membutuhkan anggaran yang besar. Kebutuhan masyarakat masih jauh lebih besar dibandingkan keuangan daerah,” ujarnya.

Otonomi daerah, kata dia, membuat beberapa potensi pajak dialihkan menjadi pajak daerah. “Ini menjadi peluang meningkatkan potensi penerimaan pajak. Sehingga berpotensi meningkatkan PAD,” jelas bupati termuda di Indonesia Timur ini.

Potensi penerimaan daerah dari sektor pajak utamanya PBB-P2 di tahun pajak 2016, jelas Adnan, mencapai Rp13 miliar lebih. “Saya berharap realisasi penerimaan pajak bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan,” ujarnya.

Mantan anggota DPRD Sulsel dua periode ini, sekaligus menitipkan pesan, untuk meningkatkan realisasikan pajak agar melakukan pemilaan wajib pajakyang bisa ditagih, melakukan pendistribusian dengan memberdayakan kelompok masyarakat dan melakukan penagihan dengan pendekatan persuasif, dan beberapa hal lainnya.

Halaman:

BACA JUGA