Ini Syarat Untuk Menjadi Sekolah Ramah Anak

Kamis, 14 April 2016 | 16:18 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Pemerintah telah mencanangkan program kota ramah anak, salah satunya Makassar ini menjadi upaya dalam menangani masalah kekerasan pada anak di Makassar. Salah satu cara dengan menjadikan sekolah tempat yang ramah.

Di Makassar ada 4 sekolah yang dijadikan sebagai sekolah ramah anak,  antara SDIT Ar-Rahma, SD Pertiwi Makassar, SMP 1 Makassar dan SMA Negeri 17 Makassar.

“Sekolah layak anak ini merupakan salah satu syarat untuk menuju kota layak anak, karena banyak indikator yang perlu diperhatikan untuk sampai ke titik disebut sekolah layak anak” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Suzanna Yambise,usai melakukan kunjungan kerja di SDIT Ar-Rahma, Kamis (14/4/2016).

Yohana menambahkan beberapa indikator sekolah tersebut ramah anak, Kantin Sehat, Bebas Rokok, Bebas Miras, Narkoba serta LGBT, (Lesbi, Gay, Biseksual dan Transgender) serta kekerasan.

“Kalau persyaratan ini bisa dipenuhi oleh sekolah tersebut maka bisa dikategorikan sekolah ramah anak, dan saya harap semua sekolah di Makassar dapat mencapainya,” ujar Yohana lebih jauh.

Mengenai anggaran, Yohana enggan menyebutkan karena ini bukanlah hal penting, dan ini masuk dalam APBD daerah. “Anggarannya itu ada di Masing-masing kabupaten/kota masing-masing,”ucap Yohana. (*)


BACA JUGA