Kronologis Jatuhnya Korban Pembinaan Fisik Lantamal VI

Jumat, 15 April 2016 | 13:45 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com – Usman, salah satu personel PNS Rumkital Jala Ammari Lantamal VI yang sehari-harinya bertugas di bagian administrasi Tata Usaha, tiba-tiba terjatuh pada saat Pembinaan fisik (Binsik) personel Lantamal VI yang berlangsung pada Jumat (15/4/2016) di Lapangan Arafuru Mako Lantamal VI.

Kronologis kejadian tersebut, bermula ketika seluruh personel PNS Lantamal VI sedang melakukan test Samapta (Kesegaran Jasmani) yang rutin dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan sekali, dengan cara berlari dengan menempuh jarak 2.400 M. Ketika pelaksanaan, salah satu personel (Usman) tiba-tiba jatuh dan tidak sadarkan diri, sehingga terjadi kepanikan personel yang berada sekitar tempat kejadian.

pt-vale-indonesia

Menurut Mayor Laut (K/W) Sahara, menjelaskan bahwa Usman sebelumnya sempat lembur mengerjakan tugas kantor bagian administrasi sampai tengah malam, dikarenakan pelayanan Rumah Sakit yang mengharuskan untuk pelayanan full 24 jam terhadap pasien yang membutuhkan pertolongan. Karena itulah kondisi fisik dari si korban tidak siap namun dipaksakan untuk mengikuti test Samapta ini dan berakhir dengan kejadian tersebut.

Peristiwa tersebut merupakan Simulasi yang disajikan dalam situasi real kejadian secara nyata tampa pemberitahuan terlebih dahulu. Sebagai upaya Untuk melihat sejauh mana fungsi, kesigapan, kecepatan, koordinasi, komunikasi dan komando tim kesehatan Lantamal VI dari Rumkit Jala Ammari yang sedang proses Akreditasi  sebagai  Rumkit yang melayani personel Lantamal VI dan Masyarakat Umum.

Dalam simulasi kali ini, Tim kesehatan Lantamal VI ingin menunjukan kepada pejabat  Lantamal VI, bahwa dalam kondisi apapun, tim kesehatan Lantamal VI  harus siap dalam menghadapi segala keadaan darurat apapun. (*)

Citizen Report: Kadispen Lantamal VI Kapten Laut (KH) Suparman Sulo


BACA JUGA