BNN

Pecandu Narkoba di Makassar Rawan Terinfeksi HIV

Sabtu, 16 April 2016 | 11:28 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Kasus Narkotika dan Obat Terlarang, yang beberapa waktu ini semakin banyak juga menilmbulkan penyakit lain, mereka ini rentan terkena HIV AIDS akibat menggunakan jarum suntik yang sembarangan serta pola hidup tidak sehat.

Dari data yang GoSulsel.com dapatkan melalui Badan Narkotika Nasional Kota(BNNK) Makassar, Januari – Maret ada 66 kasus yang sudah mendapatkan rehabilitasi, namun kebanyakan dar mereka sudah terinfeksi virus HIV/AIDS.

“Pecandu narkoba yang ada sekarang kebanyakan sudah terinfeksi virus  HIV, karena mereka menggunakan jarum suntik sembarang, dan pola hidup mereka yang tidak jelas,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BNK Makassar, Megawati Hatibie , saat GoSulsel.com menemuinya di ruang kerja, kemarin.

Untuk meminimalkan jumlah penderita HIV yang bisa semakin bertambah, akibat terinfeksi terutama mereka yang pecandu ini, Mega menjelaskan pihaknya juga memberikan kondom untuk menanggulangi penularan yang disebabkan oleh hubungan intim.

“Data yang kami punya bukan hanya yang direhabilirtasi saja atau mereka yang diberikan terapi metadon, tapi juga kami lakukan pemberian kondom bagi mereka yang terinfeksi”ujar Megawati

Sekadar diketahu bahwa dari bulan januari dampai maret setidaknya ada 82 kondom yang diberikan kepada pecandu yang terinfeksi.(*)


BACA JUGA