Foto: Internet

Agen Layanan Keuangan Digital Mencapai 3.248 di Sulsel

Senin, 25 April 2016 | 17:59 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Deputi Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana mengatakan, hanya sebagian kecil daerah yang sudah memiliki akses keuangan yang cukup baik. Atas dasar itulah, Bank Indonesia melakukan sosialisasi agen Layanan Keuangan Digital (LKD) di Sulsel.

“Hingga saat ini, jumlah agen LKD bekerjasama dengan Bank Mandiri dan BRI di Sulsel sudah 3.248 agen sejak kehadirannya pada 2013, hingga akhir tahun, kami targetkan bisa mencapai 4.886 agen,” katanya, ketika ditemui di Kantor BI, Senin (25/4/2016).

Sementara di Makassar untuk Bank Mandiri, kontribusi agen sebesar 44 persen, Gowa 6 persen, dan Pare-pare 7 persen, dan sisanya berasal dari daerah yang lain di Sulsel. Untuk Bank BRI, kontribusi agen di Makassar 47 persen, Wajo 4 persen, dan Bone 5 persen, serta sisanya bagi daerah yang lain.

Menurutnya, potensi pengembangan kegiatan transaksi keuangan berbasis elektronik lebih luas mengingat efisiensi yang diperoleh cukup besar. “Banyak manfaat yang dirasakan seperti saat transaksi, infrastrukturnya memadai terutama jaringan internet, serta faktor keamanan, apalagi dengan gerakan non tunai ini lebih praktis lagi,” ucapnya.

Halaman:

BACA JUGA