Syahrul Yasin Limpo

SYL: Kodam XIV Hasanuddin Bangun Nilai Kebangsaan

Selasa, 11 April 2017 | 15:58 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Perubahan nama Komando Daerah Militer (disingkat Kodam) VII Wirabuana ke Kodam XIV Hasanuddin mendapat respon positif oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Terlebih nama yang baru ini mengakomodir pahlawan nasional asal Sulsel, Sultan Hasanuddin.

“Kodam XIV Hasanuddin itu membangun price nilai kebangsaan. Sultan Hasanuddin bukan hanya miliknya Sulsel tetapi pahlawan nasional yang diakuai dunia,” kata Syahrul usai menjemput Kasad Jenderal TNI Mulyono, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (11/4/2017).

Nama Sultan Hasanuddin atau yang disebut oleh penjajah Belanda sebagai Ayam Jantan dari Timur, menurut Syahrul merupakan sebuah simbol keberanian, ketegaran dan konsistensi.

Sebelumnya Kodam VII Wirabuan juga mengalami pembagian wilayah, jika sebelumnya membawahi seluruh wilayah pulau Sulawesi. Kini terbagi dua, Kodam VII Wirabuana, Kodam XIV Hasanuddin dan Kodam XIII Merdeka.

Wilayah Kodam XIV Hasanuddin meliputi Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat. Sementara Kodam XIII Merdeka meliputi, Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo.

“Pembagian wilayah ini, karena negara ini makin besar. Pengendalian dibagi dan itu  sisi ancamannya yaa tentu saja supaya pengendaliannya lebih bagus dan lebih maksimal dilakukan,” jelas Syahrul.(*)


BACA JUGA