25 Peserta di Selayar Ikuti Pelatihan Menyelam Tingkat Lanjutan

Selasa, 26 September 2017 | 10:04 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Selayar, GoSulsel.com – Sebanyak 18 orang peserta dari masyarakat desa yang ada dalam kawasan Taman Nasional Taka bonerate dan 7 orang dari kantor Balai mengikuti Pelatihan Menyelam Tingkat Lanjutan (Advanced) bagi masyarakat dalam kawasan Taman Nasional Taka Bonerate Kepulauan Selayar.

Kegiatan ini tengah berlangsung sejak 24-27 September 2017. Sesuai jadwal akan dilakukan 1 hari teori dan 3 hari praktek lapangan. Pelatihan ini merupakan lanjutan kenaikan jenjang dari pelatihan sebelumnya pada bulan April lalu.

pt-vale-indonesia

Sama dengan pelatihan sebelumnya, kegiatan ini juga bekerjasama dengan pihak perguruan tinggi Universitas Hasanuddin (Unhas). Dengan Instruktur selam Dr Syafyudin Yusuf dari Association of Diving School International Indonesia (ADSI-INA).

Instruktur yang akrab disapa Pak Iful ini berharap tidak hanya mencetak penyelam yang handal namun juga bisa menjadi penyelam yang bertanggung jawab dan mempunyai attitude (sikap) dalam melayani tamu.

Ir Jusman selaku Kepala Balai membuka secara resmi pelatihan ini. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pihak Balai TN Taka Bonerate tidak akan mampu untuk melayani semua tamu penyelam yang terus bertambah setiap tahunnya. Maka dari itu, diharapkan dengan adanya pelatihan ini nantinya masyarakat bisa turut andil dalam mengelola wisata selam di dalam kawasan.

Ditambahkan pula agar kiranya peserta pelatihan juga dapat membantu dalam kegiatan pengelolaan taman nasional yang bersifat keteknisan seperti kegiatan transplantasi karang.

“Kedepan tantangan pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate akan semakin berat, sehingga keterlibatan masyarakat di dalamnya sangat diharapkan, demi mencapai masyarakat sejahtera tanpa mengesampingkan kelestarian sumber daya alam yang ada,” ujarnya. (*)


BACA JUGA