Bappeda Gowa Gelar Forum Konsultasi Publik

Rabu, 07 Maret 2018 | 21:46 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa menggelar Forum Konsultasi Publik dan Forum Perangkat Daerah rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya mengatakan giat ini merupakan moment yang paling pas untuk membicarakan perencanaan pembangunan yang dapat menjawab isu-isu strategis pada 2019 mendatang.

“Ini merupakan tahun ketiga RPJMD Gowa dalam upaya mencapai visi Kabupaten, ‘Terwujudnya Masyarakat yang Berkualitas, Mandiri, dan Berdaya Saing dengan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik’,” ujar Adnan dalam sambutannya di Baruga Karaeng Galesong, Rabu (7/3/2018)

RKPD 2019 yang disusun ini kata Bupati Adnan, harus sejalan dengan visi Kabupaten Gowa serta dapat menjawab masalah yang ada.

“Diharapkan, Giat ini mampu menjadi media pembentukan komitmen masyarakat, stakholder dalam keterkitan dan konsistensinya antara perencanaan, penganggaran pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan RAPBD sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS),” jelas Adnan.

Sehingga perlunya disepakati tema pembangunan 2019 sebagai panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama.

“Jadi kita harus membuat kesepakatan untuk tema tahun 2019 tetapi tetap mengacu pada sistem perencanaan pembangunan Nasional, maka RKPD Kab Gowa tahun 2019 diharus merujuk pada dokumen-dokumen perencanaan Nasional dan Provinsi Sulsel,” utamanya pada substansi keterkaitan prioritas pembangunan, kebijakan dan arah pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan,” katanya dihadapan seluruh peserta forum ini.

Orang nomor Satu di Gowa ini berharap seluruh pihak dapat turut andil dalam menyampaikan ide dan gagasan untuk menyusun proker yang tentunya strategis, yang mampu menentukan kesejahteraan masyarakat Gowa kedepannya.

Disamping itu, selaku pelaksana dan Kepala Bappeda Gowa, Taufiq Mursad menyampaikan bahwa giat ini sebagai proses musyawarah perencanaan pembangunan yang di fasilitasi oleh Pemkab Gowa.

Dengan diawali dari pelaksanaan Musrenbang Desa, musrenbang Kelurahan, pra musrenbang dan musrenbang Kecamatan yang telah dilaksanakan pada 13 Februari hingga 21 Februari yang lalu.

“Pelaksanaan kegiatan ini untuk memantapkan arah dan tujuan program pembangunan di Gowa karena harus melibatkan berbagai unsur pemerintah daerah mulai dari delegasi kecamatan, SKPD, hingga Anggota DPRD Kab Gowa,” tambahnya. (*)


BACA JUGA