Bupati Gowa akan Resmikan Pasar Sungguminasa

Jumat, 09 Maret 2018 | 09:24 Wita - Editor: Baharuddin -

Gowa,GoSulsel.com – Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meresmikan Pasar Sungguminasa, di Jl KH Wahid Hasyim, Somba Opu, Gowa, Jumat (9/3/2018) hari ini. 

Panitia Pemetaan dan Pemasukan Pedagang yang juga Kepala Pasar Minasamaupa Zainuddin Langke Dg Tompo mengatakan, segala hal terkait dengan kelancaran operasional Pasar Sungguminasa telah rampung. Hal yang utama dan krusial menurut dia adalah pembagian kios dam lods kepada para pedagang yang dilakukan dengan baik dan berkeadilan.

“Para pedagang yang hampir dua tahun menempati kios sementara akhirnya sudah bisa menempati kios dan lods permanen di Pasar Sungguminasa. Para pedagang juga menyampaikan terima kasih pada Pak Bupati (Adnan Purichra Ichsan) yang telah berupaya untuk merampungkan pembangunan sesegera mungkin,” ungkap Zainuddin Langke Dg Tompo.

Diketahui, sebanyak 843 pedagang sudah menempati lods dan kios di Pasar Sentral Sungguminasa. Diketahui, pembangunan kembali Pasar Sungguminasa ini terealisasi setelag Pemkab Gowa mendapat kucuran dana sebesar Rp9 miliar lebih dari Kementrian Perdagangan (Kemendag) RI.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gowa Andi Sura Suaib menyebutkan, tata kelola Pasar Sungguminasa kini lebih tertib hingga diharapkan bisa membuat pengunjung pasar lebih nyaman saat berbelanja.

“Pasar Sungguminasa dari dulu merupakan salah satu tolok ukur perekonomian di Gowa, salah satu pasar tertua di daerah ini. Dengan beroperasinya kembali pasar ini diharapkan bisa menopang lagi roda perekonomian di Gowa dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,”kata Andi Sura.

Dia menjelaskan, proses pembangunan Pasar Minasamaupa telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu, pembangunan dilakukan dalam dua tahap berdasarkan kucuran anggaran dari Kementerian Perdagangan RI.

“Pembagian lods dan kios berjalan lancar, karena digunakan pola prioritas. Kini Pasar Minasamaupa yang terbakar pada 2015 lalu, pembangunan kembali telah rampung dan siap diresmikan oleh Pak Bupati (Adnan Purichta Ichsan) Jumat besok,” terangnya. (*)


BACA JUGA