Pelebaran Jalan di Gowa, Kementerian PUPR Gelontorkan Dana Rp120 M

Rabu, 28 Maret 2018 | 10:55 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,Gosulsel.com – Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) genlontorkan dana sebesar Rp120 Miliar, untuk perbaikan jalan di wilayah Kabupaten Gowa. Rinciannya, pelebaran Jl Poros Malino Rp70 miliar, untuk Jl poros nasional Gowa-Takalar sebesar Rp50 miliar.

“Kita sudah berkoordinasi dengan (BBPJN) Balai Besar Pelaksana Jalan & Jembatan,” kata Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, ketika ditemui, Rabu (28/3/2018).

Mantan anggota DPRD Sulsel ini mengatakan, pelebaran Jl Poros Gowa-Takalar tepatnya Kelurahan Kalase’rena (batas Gowa-Takalar) hingga ke Desa Panciro, Kecamatan Bajeng lebarnya 4 meter. Masing-masing 2 meter ke kanan dan 2 ke kiri.

“Dari Pallangga ke Bajeng jalannya sudah lebar. Mulai dari Panciro ini sudah agak sempit jika dibanding volume kendaraan yang lewat,”ujar bupati termuda di Indonesia itu.

Dia mengatakan, pelebaran jalan ini dipastikan akan penebangan pohon di pinggir jalan.

“Setelah pelebaran kita akan tanami kembali. Masyarakat harus diberikan edukasi. Roling jalan memang tidak untuk bangunan liar. Jadi kalau pemerintah membutuhkan maka harus mengikuti aturan,” katanya.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah Makassar-Takalar Satker Balai Besar Pelaksana Jalan dan Jembatan (BBPJN) XIII, Malik menjelaskan, proses lelang untuk pekerjaan dua jalan nasional ini sudah berjalan bulan depan.

“Untuk jalan Poros Malino panjang jalan yang akan diperlebar sekitar 2,8 kilometer (Km). Sementara untuk Jl Poros Gowa Takalar sekitar 10 Km,” jelasnya.

Malik juga mengatakan, rencananya tak hanya melakukan pelebaran jalan saja, namun akan juga melakukan perbaikan jalan.

“Untuk anggaran langsung komunikasi dari pihak pemerintah pusat dengan kabupaten. Kita hanya mengetahui dan menjalankan proses pengerjaan,”pungkasnya.(*)


BACA JUGA