Simulasi pemilihan oleh KPU Luwu, Rabu (6/3/2019)
#

Begini Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Dapil 2 Kabupaten Luwu

Kamis, 07 Maret 2019 | 00:08 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Eki Dalle - Gosulsel.com

LUWU, GOSULSEL.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu bersama PPK dan PPS Se-Dapil 2 Luwu melaksanakan Simulasi Pencoblosan dan penghitungan Suara Pemilu dan Pilpres 2019, bertempat di Pelataran Parkir, Kantor Camat Larompong Selatan, Rabu, (6/3/2019).

Simulasi diawali dengan materi singkat yang dibawakan oleh Staf Divisi Teknis KPU Luwu Yudhistira Muin, tentang tata cara pencoblosan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2019

“Simulasi ini dilaksanakan guna mengetahui Kendala-kendala yang mungkin akan terjadi pada hari H nantinya, ini juga untuk belajar memaksimalkan Waktu yang Ada,” ucap Yudhistira.

Yudhistira menguraikan tentang pemahaman surat suara dan bukan kertas suara. Selain itu juga dibahas bagaimana proses perhitungan suara.

“Dan dalam proses penghitungan suara cuma ada dua jenis sifat yakni suara sah dan suara tidak sah, jadi didalam penghitungan suara itu tidak ada namanya suara batal tapi yang ada itu surat suara tidak sah,” pungkasnya.

Sebelum kegiatan pencoblosan dimulai, Inriani yang bertugas pada simulasi ini selaku Ketua KPPS membacakan sumpah kepada KPPS dan memberikan arahan tentang tata cara pencoblosan pada surat suara.

Simulasi pemilihan oleh KPU Luwu, Rabu (6/3/2019)

Pada simulasi ini ditampilkan segala proses pemungutan suara dari tahap persiapan hingga pencoblosan di bilik suara. Kemudian proses perhitungan suara sampai pada perekapan dan penyalinan C1.

Kemudian, selain itu disimulasikan juga tata cara pendampingan pemilih yang berkebutuhan khusus seperti pemilih disabilitas.

Di akhir simulasi, Komisioner KPU Luwu Divisi Tekhnis, Abdullah Sappe berpesan kepada PPK dan PPS yang hadir untuk mengutamakan integritas.

“Saya harap para penyelenggara bisa menjaga integritasnya dan bekerja secara profesional karena sangat banyak yang mengawasi dan memantau tugas bagi seorang penyelenggara,” harapnya.

Kegiatan simulasi ini diikuti oleh semua PPK dan PPS dari 44 Desa/ Kelurahan yang tersebar di 4 Kecamatan di wilayah Dapil 2 Kabupaten Luwu, mencakup Kecamatan Suli, Suli Barat, Larompong, dan Larompong Selatan.

Selanjutnya, kegiatan simulasi ini akan dilaksanakan di dapil lainnya se kabupaten Luwu. Rencananya, besok hari Kamis (7/3/2019) simulasi seperti ini akan berlangsung di Dapil 1 Luwu, tepatnya di Gedung Simpurusiang, Kecamatan Belopa.(*)


BACA JUGA