Ilustrasi Inflasi. Foto: DBN

Berikut Komoditi Penyumbang Inflasi di Sulsel, Makanan dan Minuman Terbesar

Selasa, 04 Februari 2020 | 11:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat Sulsel mengalami inflasi sebesar 0,63% pada Januari 2020. Hal tersebut menunjukkan terjadi kenaikan harga-harga secara umum di Sulsel pada bulan tersebut.

Faktor pendorong terjadinya inflasi di Sulsel tersebut adalah kenaikan harga yang cukup signifikan pada beberapa komoditi antara lain: rokok kretek filter, air kemasan, cabai merah, ikan layang, bawang merah, beras, cabai rawit, minyak goreng, rokok putih, ikan cakalang.

pt-vale-indonesia

Adapun komoditi yang menahan laju inflasi karena mengalami penurunan harga antara lain: tarif angkutan udara, tariff angkutan antarkota, apel, daging ayam ras, bensin, udang basah, petai, sabun mandi, labu parang, jeruk.

Berikut kelompok komoditi yang memiliki andil besar terhadap perkembangan inflasi bulan Januari 2020 di Sulsel.

1. Makanan, Minuman, dan Tembakau

Kelompok makanan, minuman, dan tembakau pada Januari 2020, di Sulawesi Selatan mengalami inflasi sebesar 2,18 persen. Komoditi yang memberikan andil inflasi pada kelompok ini yaitu: rokok kretek filter, air kemasan, cabai merah, ikan layang, bawang merah, dll.

“Makanan, minuman dan tembakau itu komoditas yang sangat naik harganya. Rokok kretek filter itu naik. Kemudian air kemasan, cabe merah, ikan layang, dan bawang merah. Itu yang sangat dominan,” ujar Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah.

2. Pakaian dan Alas Kaki

Kelompok pakaian dan alas kaki pada Januari 2020 di Sulawesi Selatan mengalami inflasi sebesar 0,35 persen. yang memberikan andil inflasi pada kelompok ini yaitu: sepatu pria, ikat pinggang, celana panjang jeans wanita, jaket pria, kaos singlet pria, dll.

3. Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga

Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga pada Januari 2020 di Sulawesi Selatan mengalami deflasi sebesar 0,01 persen. Komoditi yang memberikan andil deflasi pada kelompok ini yaitu: bahan bakar rumah tangga.

4. Perlengkapan, Peralatan, dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga

Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga pada Januari 2020 di Sulawesi Selatan mengalami inflasi 0,09 persen. Komoditi yang memberikan andil inflasi pada kelompok ini yaitu: lemari pakaian, blender, pelicin/pewangi pakaian, panci, dll.

Halaman:

BACA JUGA