Sambangi BPS Sulsel, Siswa SMA Bosowa School Makassar Belajar Statistik

Kamis, 20 Oktober 2022 | 16:30 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Siswa Kelas X SMA Bosowa School Makassar mengunjungi Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (19/10/2022). Mereka pun mendalami materi sosial.

Guru pendamping, Rifqi Wijaya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari experiental learning yaitu metode belajar berbasis pengalaman. Sehingga, siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran di tempat yang memberikan edukasi terkait dengan pembelajaran siswa saat ini.

“Harapannya siswa dapat belajar mengenai peran Badan Pusat Statistik beserta tugas dan tahapan dalam penyelenggaraan kegiatan statistik baik berupa survei maupun sensus,” jelas Rifqi.

Statistisi Ahli Madya, Wa Ode Al Asaria mengungkapkan bahwa BPS terbuka dengan kegiatan kunjungan dari sekolah. Itu sebagai bagian gerakan edukasi kepada masyarakat terutama di kalangan pelajar akan peran BPS di masyarakat.

Asep Yahya Mawali juga memaparkan juga contoh produk yang dihasilkan oleh BPS. Juga bagaimana cara mengakses data tersebut secara online dan offline.

Selain tugas BPS, siswa juga mendapatkan informasi lain. Seperti bagaimana jenjang karir di BPS untuk siswa yang tertarik dalam bidang statistik.

“Melalui kegiatan ini kami memberikan informasi untuk siswa yang berminat dengan BPS, bisa mendaftar di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan di BPS,” jelas Asep.

Siswa juga mendapat informasi terkait data statistik yang diperoleh dari sensus dan survei. Seperti data sosial ekonomi nasional, inflasi, kependudukan, kesehatan, demografi, dan berbagai data lainnya. (*)

Tags:

BACA JUGA