Bupati Pemerintah Kabupaten Bone Drs. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si (kiri) menerima cinderamata dari Senior Associate Government Relation Gojek Indonesia Timur Mohammad Khomeiny (kanan) saat peresmian operasional layanan Gojek di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (4/6/2020)

Resmi Beroperasi di Kabupaten Bone, Gojek Kolaborasi dengan Mitra Toko Tani

Jumat, 05 Juni 2020 | 20:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

BONE, GOSULSEL.COM — Gojek, perusahaan teknologi aplikasi terbesar di Asia Tenggara, kini hadir di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Sejak didirikan pada tahun 2010 dan aplikasinya diluncurkan pada tahun 2015, Gojek telah membuktikan bahwa pengemudi ojek dapat melakukan banyak hal, lebih dari sekadar memberikan layanan transportasi.

Melalui teknologi, Gojek telah meningkatkan taraf hidup jutaan pengusaha mikro termasuk mitra pengemudi, pemilik restoran, pengusaha rumahan dan profesional lainnya.

pt-vale-indonesia

Peresmian operasional Gojek di Kabupaten Bone dirangkaikan dengan penandatanganan kerjasama pemerintah Kabupaten Bone dengan Toko Tani Indonesia Center. Dibuka dengan resmi oleh Bupati pemerintah kabupaten Bone, Drs. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si., Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, Sekda Bone, M. Yamin Tahir, Jajaran Forkopimda, Kapolres, Dandim, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan H. A. Asman Sulaiman , S.Sos., M.M dan Senior Associate Government Relation Gojek Indonesia Timur Mohammad Khomeiny.

Manajemen Gojek dan Mitra Gojek Kabupaten Bone bersama usai peresmian opersional Gojek di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (4/6/2020)

Gojek berkomitmen untuk bekerjasama pemerintah daerah dalam peningkatan penggunaan ekonomi digital dalam pembangunan Kabupaten Bone.

Bupati Pemerintah Kabupaten Bone DR. H. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi, M.Si. dalam sambutannya mengatakan, “Kami mengapresiasi dan menyambut baik hadirnya Gojek di Bone untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja sektor informal dan UMKM. Masuknya Gojek Bone juga membuka peluang lapangan kerja dan menggairahkan perekonomian terutama di masa pandemi ini.”

Dalam kesempatan tersebut Gojek juga menandatangani kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bone berupa kerjasama peningkatan penggunaan ekonomi digital dalam pembangunan di Kabupaten Bone sebagai tanda Gojek telah resmi beroperasi di Bone.

Andi Fahsar menambahkan, “Hadirnya Gojek di kabupaten Bone diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan sektor informal melalui platform seperti Gojek, sesuai visi Kabupaten Bone menjadi masyarakat yang mandiri, berdaya saing, dan sejahtera. Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui platform digital”.

Selain pembukaan operasional Gojek, Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kabupaten Bone juga meresmikan Toko Tani Indonesia Center Cabang Bone. Sebagai komitmen Gojek dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah melalui platform digital, Gojek siap mendukung pembelian produk dari mitra toko tani melalui aplikasi Gojek.

VP Gojek Regional Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja mengatakan, “Rekam jejak Gojek di Indonesia merupakan sebuah contoh bagaimana teknologi mampu membuka peluang untuk akses dan inklusi, dimana mereka yang sebelumnya tidak tergabung dalam ekonomi modern, melalui teknologi yang dikembangkan Gojek, mampu terlibat dan bahkan terbekali untuk semakin berkembang.”

Di Bone, Gojek akan mulai beroperasi dengan empat layanan. GoRide (Transportasi dengan sepeda motor), GoFood (Pengantaran makanan), GoSend (Pengantaran barang) dan GoPay (Alat pembayaran digital).

Selain kemudahan transportasi, Gojek di Bone berkomitmen untuk mendukung pengembangan sektor UMKM. Anandita mengatakan, “Melalui layanan pengantaran makanan GoFood, UMKM di Bone, khususnya UMKM kuliner punya kesempatan untuk go online. Hal ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Bone yaitu mendukung pemberdayaan ekonomi daerah melalui platform digital yang mandiri dan sejahtera. Berdasarkan riset yang dilakukan LD FEB UI pada tahun 2018, 93% UMKM mengalami peningkatan transaksi setelah bergabung dengan Gojek. Kami ingin potensi pertumbuhan ini juga dapat dimaksimalkan di Kabupaten Bone melalui pemanfaatan teknologi Gojek.”

Dalam sambutannya Senior Associate Government Relation Gojek Indonesia Timur Mohammad Khomeiny mengatakan “Fokus besar Gojek adalah dalam pemberdayaan dan pengembangan yang komprehensif bagi mitra-mitranya. Sehingga dengan adanya pendampingan ini Gojek berharap mitranya dapat ‘naik kelas’ baik dari segi kesejahteraan maupun kemampuan. Target besar Gojek adalah untuk melahirkan banyak UMKM mandiri baru yang lahir dari ‘naikkelas’-nya driver Gojek.

Khomeiny menambahkan, “Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan komitmen Gojek untuk mendukung kerjasama Pemkab Bone dengan Toko Tani Center untuk membantu akses pembelian produk mitra toko tani melalui aplikasi Gojek. Kami berharap melalui layanan yang tersedia di aplikasi Gojek dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan produk pertanian langsung dari mitra tani yang nantinya dapat mendukung pendapatan mereka di masa pandemi ini.”

Dalam operasionalnya Gojek memastikan setiap mitranya menjalani protokol keamanan pencegahan Covid-19 sebelum menjalankan tugas, setiap mitra diwajibkan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, penyemprotan desinfektan kendaraan dan pengambilan hygiene kit untuk setiap mitra melalui posko #amanbersamaGojek, termasuk di Bone, tutup Khomeiny.(*)


BACA JUGA