Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe (kiri) dan Syamsuddin A Hamid (kanan)

Syamsuddin Hamid Undur Diri dari Ketua Golkar Pangkep, Ini Kata Taufan Pawe

Selasa, 29 Desember 2020 | 10:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe (TP) menghormati keputusan H Syamsuddin A Hamid. Sebab telah mengajukan pengunduran diri sebagai Ketua DPD II Golkar Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). 

Menurut Taufan, pengunduran tersebut merupakan sikap kesatria yang ditunjukkan Syamsuddin Hamid sebagai kader Golkar. Taufan Pawe tidak terkejut dengan pengunduran diri Syamsuddin sebagai Ketua DPD II Golkar Pangkep, mengingat jauh sebelumnya, Bupati Pangkep itu telah berkonsultasi dan berkomunikasi dengannya perihal pengunduran diri tersebut. 

pt-vale-indonesia

“Beliau memang sempat berkonsultasi dengan saya soal rencana ini. Saya sangat menghormati keputusan saudara saya. Beliau telah memperlihatkan dan mengajari kita sikap tanggung jawab, sikap gentleman yang diperlihatkan sebagai kader atas capaian Golkar di Pilkada serentak di Sulsel,” kata Taufan Pawe, Selasa (29/12/2020).

Wali Kota Parepare dua periode ini menegaskan, jika Syamsuddin Hamid hanya mundur sebagai Ketua DPD II Golkar Pangkep. Namun, dirinya tetaplah kader Golkar. 

“Pak Syamsuddin tidak meninggalkan Partai Golkar begitu saja. Beliau hanya mengundurkan diri sebagai ketua tidak sebagai kader,” ucap Taufan.

Taufan Pawe menjelaskan, Syamsuddin Hamid merupakan Bupati yang sukses khususnya dalam membangun dan memajukan Kabupaten Pangkep, begitupun saat menjabat Ketua DPD II Golkar Pangkep tiga periode. Syamsuddin dengan jiwa militansinya dinilai berhasil membangun infrastruktur partai yang solid sehingga melahirkan kader-kader berprestasi. 

“Sahabat saya ini senior dan panutan Golkar Sulsel terbukti mampu membesarkan Golkar. Kita tetap membutuhkan arahan beliau. Sehingga saya percaya, beliau dapat menempati posisi sebagai Dewan Pertimbangan DPD I Golkar Sulsel,” jelasnya. 

Sementara itu, Wakil Sekretaris Komunikasi Publik, Zulham Arief membantah jika mundurnya Syamsuddin A Hamid dikarenakan hubungan dengan TP renggang. Zulham menegaskan, jika hubungan keduanya terjalin dengan sangat baik. Terlihat di berbagai kesempatan, mereka terlihat akrab dan kompak, apalagi pada saat Taufan Pawe membakar semangat kader Golkar pada kampanye pemenangan Andi Ilham Zainuddin-Rismayani (AIZ-Risma) di Pilkada kemarin. 

“Mereka bersahabat sekali. Tidak ada konflik. Komunikasi masih jalan. Di berbagai kesempatan mereka sering bertukar pikiran, membantu, saling memuji, baik sebagai kader Golkar maupun sebagai sesama Kepala Daerah,” katanya. 

Pria kelahiran Takalar ini berharap, dimana prestasi Syamsuddin A Hamid bisa diteruskan kepada kader Golkar Pangkep. 

“Besar harapan kami penerus Syamsuddin Hamid orang yang dapat meneruskan cita-cita beliau. Mengingat beliau telah berhasil membesarkan Golkar dan melahirkan kader-kader yang militan. Sehingga penerus beliau harus bisa meneruskan apa yang beliau telah tanamkan, bahkan harus ditingkatkan,” tutupnya.(*)


BACA JUGA