Satgana PMI Makassar berlangsung di di Lapangan Kostrad, Kabupaten Maros, Senin (08/11/2021)/Ist

Dibuka Ketua PMI Makassar, 50 Relawan Resmi Ikuti Pelatihan Satgana di Kostrad

Senin, 08 November 2021 | 23:56 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Murah Indonesia (PMI) sebagai salah satu lembaga yang bergerak di bidang kemanusiaan harus membentuk dan mempersiapkan Satgana. Di mana selalu siap bila di perlukan sewaktu waktu apabila terjadi bencana alam.

Olehnya, PMI Makassar membuat pelatihan Satuan Tenaga Bencana (Satgana). Kegiatan ini diikuti 50 relawan dan bertempat di Lapangan Kostrad, Kabupaten Maros, Senin (08/11/2021).

Kegiatan Satgana ini bekerjasama dengan Kostrad. Pelatihan tersebut berlangsung selama sepuluh hari dan dibuka oleh Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan Satgana ini, Dankima Brigif 3/TBS Kapten Infateri Masdar, dan perwakilan PMI Sulsel Irfan Lutfi, PMI Maros. Serta pengurus PMI Makassar lainnya.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal MI, mengatakan sebanyak 50 orang yang hadir dalam kegiatan pelatihan Satgana ini adalah bukan sembarang relawan. Mereka merupakan orang-orang terbaik.

“Dari ratusan orang yang ingin mengikuti pelatihan ini tetapi hanya 50 orang yang berhasil terpilih setelah mengikuti proses assessment yang luar biasa ketatnya,” ujarnya.

“Selamat anda terpilih dari ratusan orang yang ingin ikut dalam pelatihan Satgana ini. Untuk itu saya harap semua yang ikut bisa mengikuti pelatihan ini dengan baik sehingga bila nantinya ada bencana bisa diaplikasikan dengan baik,” kata pria yang akrab disapa Deng Ical.

Menurutnya, pelatihan Satgana ini bukan hanya sekedar mengugurkan kewajiban sebagai relawan kemanusiaan. Melainkan ini adalah sebuah komitmen untuk bisa memberikan manfaat kepada orang lain atau masyarakat.

“Sepuluh hari kedepan kemerdekaan kita di cabut, tapi semua itu adalah wujud dari komitmen untuk memastikan bahwa kita siap menerima pelatihan, materi dan ilmu yang bisa membuat kemampuan teman teman semua bisa terupdate dan bertambah,” tuturnya.

Sementara, Sekertaris BPPB Makassar Suwandi berharap seluruh peserta yang mengikuti pelatihan Satgana ini betul betul bisa mengikuti dengan baik dan seksama. “Saya harap kita bisa memanfaatkan pelatihan ini dengan baik agar ilmu yang didapatkan nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat,” tukas Suwandi.(*)


BACA JUGA