Pelindo Regional 4 menggelar Customer Hearing di Hotel The Rinra dari 18 sampai 20 November 2021/Ist

Gelar Customer Hearing, Pelindo Regional 4 Ingin Tingkatkan Sinergitas Bersama Konsumen

Jumat, 19 November 2021 | 13:13 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM– PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) (Persero) Regional 4 menggelar Customer Hearing 2021. Tujuannya untuk meningkatkan sinergitas demi memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa.

Direktur Pengelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), Putut Sri Muljanto mengatakan, kegiatan ini mengusung tema “Moving Toward Synergy and Collaboration In Port Performance Improvement”. Di mana pihaknya ingin mendengarkan apa saja yang diharapkan customer.

“Apa saja perubahan dari kita. Nanti dicatat dan kita akan sama-sama melakukan perbaikan. Apa yang akan segera kita eksekusi, akan kita eksekusi. Yang butuh waktu, butuh penyelesaian, butuh penganggaran, ya kita akan lakukan. Ini niatnya,” jelas Putut.

Putut juga menuturkan, pihaknya akan mendengarkan semua harapan dan keinginan dari customer untuk kelancaran usahanya. “Kita perlu menyamakan persepsi, menyamakan langkah, bukan saja di internal Pelindo tapi juga dengan customer,” terangnya.

Direktur Operasi PT SPIL, Bambang Gunawan mengungkapkan bahwa tahun lalu adalah tahun yang sangat challenging atau menantang buat shipping line. “Di mana terjadi pandemi Covid-19 kemudian terjadi kemerosotan kargo yang luar biasa, sehingga terjadi situasi yang sama-sama tidak kita inginkan. Beberapa teman kami juga menutup anak usahanya, menutup cabangnya, bahkan kapal-kapalnya juga mulai lay up,” jelas Bambang.

“Mungkin juga ada yang mulai dicarter off keluar. Itu dampak dari pandemi Covid-19 yang luar biasa. Jadi kalau sampai dengan saat ini, saya dan tim, dengan bapak dan ibu semua bisa ketemu, itu adalah hal yang luar biasa. Bisa melewati pandemi dalam situasi yang saat ini sudah mulai membaik,” lanjutnya.

Ia mengatakan, jika melihat tema kegiatan yang sangat luar biasa, tentang collaboration, tentang improvement. Ini memang hal basic yang harus dipahami bersama.

“Karena tanpa adanya kolaborasi, kita ini tidak bisa apa-apa. Kami pun di antara shipping line juga semakin intens berkomunikasi. Ya kita ada joint slot, kita bangun komunikasi dengan sesama meskipun kompetitor tetapi kita bangun komunikasi demi untuk efisiensi,” ujarnya.

Bambang menambahkan, di era sekarang ini kolaborasi adalah hal yang sudah baku. “Jadi saya menyambut baik Pelindo I, II, III, IV digabung menjadi satu. Ini keputusan yang hebat saya pikir, keputusan yang luar biasa. Kalau saya boleh bilang memang agak terlambat, tapi it’s oke ya, better late and never ya. Jadi saya pikir ini adalah hal yang luar biasa. Saya melihat tim di jajaran Pak Arif dan Pak Putut, semuanya orang-orang yang hebat, jadi saya cukup optimistis, kami cukup optimistis dengan Pelindo ini semakin hari akan semakin baik adanya,” katanya.

Bambang ini pun menyebut kolaborasi ini sangat penting, terlebih di kondisi saat ini. “Karena setiap kali kita ngomong mengenai cost logistik, dan selalu begitu ada biaya kenaikan yang tinggi kemudian memicu harga barang naik, yang disorot pasti pelayaran, ujungnya Pelindo juga pasti kena.”

Jika mengacu pada data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sebut Bambang Gunawan, sebesar 50% kontribusi daripada logistik ada pada inland transport. “Ada di teman-teman ALFI/ILFA. Selebihnya ada di terminal dan di pelayaran. Jadi peran kita semua sangat vital terhadap penurunan cost logistik secara nasional. Jadi pelayaran ini mau gak mau juga harus lebih efektif, lebih efisien ke depannya,” tukasnya.

Sementara itu, Customer Hearing 2021 yang digelar PT Pelindo Regional 4 ini mengundang pengguna jasa yakni, PT Salam Pacific Indonesia Lines, PT Meratus Line, PT Tanto Intim Line, PT Temas Shipping, PT Caraka Tirta Perkasa, PT Semen Tonasa, PT Makassar Te’ne, PT Pupuk Kaltim, PT Semen Bosowa, PT Berkah Mulia Mandiri, PT Sari Agrotama Persada, dan PT Multi Trading Pratama.

Kegiatan digelar di Hotel The Rinra selama tiga hari dari 18 sampai 20 November 2021. Juga menghadirkan semua General Manager (GM) cabang dari seluruh pelabuhan kelolaan di Regional 4. (*)


BACA JUGA