Airlangga Bawa Kuliah Umum di Unhas, Guru Besar: Itu Kebanggaan Bagi Unhas

Kamis, 10 Maret 2022 | 23:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Agenda kuliah umum Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) Sabtu mendatang dinilai menjadi magnet. Itu antara dunia industri dengan kampus.

Pengamat Hukum Kebijakan Publik, Prof Aminuddin Ilmar menilai, kehadiran Airlangga Hartarto baik sebagai Menko Perekonomian maupun sebagai Ketum DPP Golkar menjadi magnet tersendiri. Baik untuk ekonomi maupun dunia kampus.

pt-vale-indonesia

Kuliah umum dengan teman “Akselerasi Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Melalui Dukungan Tekhnologi Digital,” akan dibawakan Dr (HC) Ir Airlangga Hartarto pada Sabtu 12 Maret 2022.

“Saya kira kita patut berbangga ya hadir pak Airlangga menjelaskan hal itu (tema kuliah umum) di kampus sebagai bentuk kebijakan Menteri Pendidikan untuk belajar merdeka kan atau merdeka belajar,” kata Prof Aminuddin Ilmar, Kamis (10/03/2022).

Menurut, Aminuddin Ilmar, sebuah kehormatan dan kebanggaan bagi kampus. Itu jika kehadiran Airlangga Hartarto memberikan materi tentang studi kampus.

“Saya kira mahasiswa akan sangat antusias mendengarkan pemaparan. Pak Airlangga akan memberikan apa yang menjadi kepentingan mahasiswa didalam kondisi kekinian,” ungkap guru besar hukum tata pemerintahan itu.

Ia berharap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI bisa memberikan dorongan bagi perguruan tinggi. Sehingga, bisa menjalankan kerjasama dengan dunia industri.

“Kiprahnya bagaimana link and match bisa betul-betul diterapkan. Sehingga perguruan tinggi bisa berperan penting di dalam sisi perekonomian nasional kita, karena kalau hasil-hasil perguruan tinggi bisa di kontribusi di dunia industri saya kira sangat bisa memanfaatkan,” kata guru besar Unhas Makassar itu.

Tidak hanya dari segi kerjasama dan potensi ekonomi. Bagi kampus kedatangan seorang Airlangga Hartarto merupakan mendapatkan keuntungan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya kira itu sangat bisa memanfaatkan yang sangat penting dan besar pada posisi pengembangan industri kita, perekonomian nasional kita yang kedua bagi perguruan tinggi itu sendiri khususnya di dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM),” jelasnya.

“Apalagi pak Airlangga sebagai Menteri Bidang Perekonomian itu punya peluang yang sangat besar untuk mendorong pada posisi kerjasama,” tambahnya.

Sementara, itu Pakar Ekonomi Unhas, Prof Marzuki DEA menilai, kehadiran Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian di Fakultas Teknik Unhas. Terlebih, berbicara soal transformasi ekonomi Indonesia di dukung dengan IT sesuatu yang sangat tepat.

“Saya kira upaya pemerintah melalui kuliah umum Kemenko, bapak Airlangga Hertarto bekerjasama dengan Fakultas Teknik Unhas adalah sesuatu yang tepat,” katanya.

Dalam momentum ini diharapkan bisa menjadi media komunikasi yang baik antara pemerintah dengan dunia pendidikan. “Sehingga tentunya diharapkan dangan kesempatan ini dapat dijadikan media komunikasi yang baik antara pemerintah dan dunia pendidikan,” ucapnya.

Yang paling penting kata Prof Marzuki DEA, pertemuan tersebut dapat memberikan pencerahan ke masyarakat kampus. Terkhusus sivitas akademika Fakuktas Teknik yang memang relevan sebagai Fakultas yang tentunya menguasai aspek teknologi informasi.

“Oleh karena dunia digitalisasi memang sudah merupakan faktor utama yang perlu diperhitungkan dalam setiap kebijakan ekonomi yang dilancarkan pemerintah,” tutupnya.(*)


BACA JUGA