3.440 Usulan Program di Musrenbang 2023 Kabupaten Gowa

Jumat, 25 Maret 2022 | 15:53 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM–Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Gowa 2023 telah dilaksanakan pemkab Gowa, Kamis (24/3/2022) kemarin.

Musrenbang berlangsung di Gedung Mulia Samata dengan mengangkat tema Pemulihan sosial ekonomi berkelanjutan didukung penguatan SDM, pemanfaatan infrastruktur dan daya saing daerah.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Gowa, Alimuddin Hakim menyebutkan bahwa, selama pelaksanaan tahapan musrenbang kecamatan tahun 2023 ada sebanyak 3.440 usulan.

Dari ribuan usulan tersebut lanjut Alimuddin, program di bidang infrastruktur merupakan usulan tertinggi dengan presentase 51, 81 persen.

Kemudian disusul pada bidang ekonomi dan sumber daya alam sebesar 28,54 persen. Selanjutnya pada bidang pembangunan manusia dan sosial budaya sebesar 19, 64 persen.

“Musrenbang ini dapat ditindaklanjuti oleh semua SKPD dengan menyusun rencana kerja (Renja) SKPD hasil kompilasi, dengan usulan program prioritas yang disampaikan kepada tim penyusun RKPD,” katanya.

Ditambahkan Alimuddin, sebelum Musrenbang Penyusunan RKPD ini dilakukan, terlebih dulu dilaksanakan beberapa tahapan.

Yaitu Musrenbang Desa, Musrembang Kecamatan, Forum Konsultasi Publik RKPD, Musrenbang tematik yang meliputi Musrembang anak dan Musrembang pemuda, yang dimulai sejak 26 Januari. (*)


BACA JUGA