Aksi unjuk rasa yang digelar oleh Mahasiswa Makassar dari berbagai kalangan di depan Gedung DPRD Sulsel di Jalan Urip Sumohardjo, Senin (05/09/2022)/Ist

Titik Aksi Mahasiswa Tolak Kenaikan BBM di Sulsel Tertinggi di Indonesia

Senin, 05 September 2022 | 18:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Mahasiswa di Sulsel kembali menggelar aksi unjuk rasa, Senin (05/09/2022). Mereka menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang diumumkan kemarin, Minggu (04/09/2022).

Di Makassar misalnya. Dalam pantauan Reporter GOSULSEL.COM, mahasiswa dari berbagai kalangan menggelar aksi di berbagai titik. Diantaranya di depan DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumohardjo, Jalan AP Pettarani, dan Jalan Sultan Alauddin.

Aksi mahasiswa di Sulsel ini rupanya menjadi sorotan di kepolisian. Dari data kepolisian melalui rekapitulasi monitoring unjuk rasa (Unras) periode 29 Agustus sampai 4 September 2022, titik aksi di Sulsel menjadi paling banyak dengan total 21.

Selanjutnya ada Jawa Timur dengan jumlah 16 titik. Dan terakhir DKI Jakarta sebanyak 13.


Aksi unjuk rasa Mahasiswa di Makassar yang berasal dari berbagai kalangan menolak kenaikan harga BBM, Senin (05/09/2022)/Ist

Adapun mahasiswa menolak kenaikan harga BBM karena menilai merugikan masyakarat. Demikian disampaikan Jenderal Lapangan PMII Gowa, Asfar.

Ia menyampaikan tuntutan aksi ini berfokus pada persoalan BBM. Selain kenaikan, pihaknya juga menuntut pemberantasan mafia BBM.

“Kami juga mendesak pemerintah untuk segera menerapkan kebijakan subsidi tepat sasaran,” ucap Asfar.

Lebih jauh, Asfar juga menegaskan bahwa pemerintah harusnya melibatkan masyakarat dalam mengambil kebijakan. Termasuk untuk subsidi BBM.

“Mendorong pemerintah untuk membuka keterlibatan masyakarat dalam pelaksanaan penyaluran BBM bersubsidi,” tukasnya.(*)


BACA JUGA