Dompet Dhuafa Sulsel Gandeng Browcyl Manisin Pelosok Ekspedisi Ramadan

Selasa, 11 April 2023 | 21:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) kembali melakukan Ekspedisi Ramadan tahap 2.

Ekspedisi dilaksanakan di Pinrang sebagai bentuk ekspansi program ke wilayah pelosok dan juga membawa misi kebaikan Ramadan.

Kemudian pada 10-11 April 2023, Dompet Dhuafa Sulsel telah melaksanakan kegiatan ekspedisi ramadan di Kampung Garrokna, Dusun Rumpala, Desa Bontolempangan, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

Nurwana selaku manager program DD Sulsel mengatakan, Desa Bontolempangan merupakan wilayah ekspansi pemberdayaan DD Sulsel dengan Kopi Sinjai nya.

Sehingga program ini bertujuan untuk membangun ikatan emosional dengan para warga dan petani di Sinjai.

“Yang menjadi special pada Ekspedisi Ramadan kali ini adalah Dompet Dhuafa menggandeng Browcyl Sweetmovent bersama manisin pelosok membawa program kegiatan yaitu Pendidikan, Dakwah, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial,” terangnya.

Dia menjelaskan, untuk program di bidang dakwah dilakukan dengan salat tarawih berjamaah dan ngaji bareng.

Kegiatan dakwah juga dilanjutkan dengan aksi pejuang subuh dengan membangunkan sahur masyarakat desa kemudian ditutup dengan tilawah bersama.

“DD Sulsel menggemakan program dakwah untuk menggaet masyarakat, agar semakin merekatkan keimanan pada bulan ramadan,” jelasnya.

Selanjutnya ada kegiatan Buka dan Sahur Bersama Masyarakat yang menjadi bagian dari program sosial.

Kemudian di program ekonomi, DD Sulsel mendirikan pasar murah dengan menjajakan produk-produk ekonomis berupa seperti minyak goreng, gula, serta bumbu penyedap lainnya.

“Tiap produk dijual dengan harga dimulai dari Rp5.000. Adanya pasar murah juga tujuannya untuk membantu warga memenuhi kebutuhan selama Ramadan dengan harga terjangkau,” katanya.

Pun pada program kesehatan dengan melakukan pemeriksaan tensi pada warga. Lainnya ada program pendidikan dengan menggelar sekolah Ceria di pandu oleh para relawan dengan kegiatan mengajar membaca, menggambar, menulis, dan ice breaking bersama.

Sementara Azizah selaku penanggung jawab CSR Browcyl menyampaikan bahwa Browcyl sendiri memiliki program pelosok untuk membawa misi kebaikan berbagi untuk sesama dan sinergi ini juga sama dengan yang dibawakan oleh Dompet Dhuafa sehingga inilah momen tepat kita berkolaborasi.

“Kami sangat berterima kasih harapannya Ekspedisi Ramadan ini bukan menjadi titik akhir kolaborasi Browcyl dan Dompet Dhuafa. Mohon doanya,” tutup Azizah.(*)


BACA JUGA