Jumlah pembeli di Tokopedia di Kabupaten Tana Toraja mengalami peningkatan hampir 30%

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia Dorong Tren Belanja Online di Sulsel

Jumat, 09 Juni 2023 | 15:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Selama Mei 2023, Tokopedia mencatat kenaikan jumlah penjual dan pembeli di kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan (Sulsel). Menurut data internal Tokopedia, pada periode Mei 2023 dibandingkan rata-rata 3 bulan sebelumnya, pertumbuhan penjual di Provinsi Sulawesi Selatan mengalami peningkatan hampir 80%, Kab. Toraja Utara naik hampir 50%, sedangkan di Kota Makassar meningkat lebih dari 80%.

Tokopedia

Pada periode yang sama pula, jumlah pembeli di Kabupaten Tana Toraja turut mengalami peningkatan hampir 30%, lalu di Kabupaten Toraja Utara meningkat lebih dari 20%, sedangkan jumlah pembeli di Provinsi Sulawesi Selatan meningkat hampir 40%, sementara di Kota Makassar meningkat lebih dari 40%.

pt-vale-indonesia

Berbagai promosi menarik yang dihadirkan Tokopedia dalam membantu meningkatkan pendapatan UMKM lokal, turut meningkatkan fitur Bebas Ongkir, Cashback, dan Flash Sale sebagai fitur Tokopedia yang paling banyak digunakan oleh pembeli di Kabupaten Tana Toraja selama kuartal 1 2023.

“Dengan semangat #SelaluAdaSelaluBisa, Tokopedia optimis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia serta memberikan pendampingan bisnis bagi pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi,” ucap Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Gencarnya kampanye inisiatif Hyperlocal yang dilakukan Tokopedia, menjadikan kampanye Home Living Salebration, Serbu Official Store, dan Waktu Indonesia Belanja sebagai kampanye dengan transaksi tertinggi di Kabupaten Tana Toraja. Pertumbuhan tersebut turut mendorong kategori belanja produk non digital di Tokopedia jadi paling populer di masing-masing wilayah pada kuartal 1 2023 dibanding kuartal 1 2022. Seperti:

Kategori paling favorit di Kabupaten Tana Toraja: Olahraga & Hobi, Rumah Tangga, Kecantikan, Otomotif, dan Elektronik. Kategori populer di Kabupaten Toraja Utara: Gaming, Otomotif, Kecantikan, Audio & Kamera, dan Pertukangan. Kategori paling favorit di Kota Makassar: Fesyen, Rumah Tangga, Otomotif, Elektronik, Ibu dan Anak. Kategori populer di Provinsi Sulawesi Selatan: Otomotif, Fesyen, Ibu dan Anak, Olahraga & Hobi.

Sementara di sisi lain selama kuartal 1 2023, Tokopedia mencatat beberapa wilayah dengan transaksi tertinggi, antara lain:

Kabupaten Tana Toraja: Kec. Makale, Kec. Makale Utara, Kec. Mengkendek, Kec. Gandang Batu Sillanan, dan Kec. Rantetayo. Kabupaten Toraja Utara: Rantepao, Kesu, Tallunglipu, Tikala, dan Sopai. Provinsi Sulawesi Selatan: Kec. Donri Donri, Kec. Barebbo, Kec. Kamanre, Kec. Uluere, dan Kec. Sidenreng.

“Melalui inisiatif hyperlocal, masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia kini sudah dapat mengakses 1,8 miliar produk terdaftar, serta membeli dan memakai produk dari toko lokal untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” ungkap Ekhel.

Tak hanya itu, masyarakat Sulawesi Selatan juga memanfaatkan Tokopedia untuk pembayaran berbagai jenis pajak. Hal ini mendorong transaksi PBB di Sulawesi Selatan meningkat 6x lipat. Lalu transaksi E-Samsat turut meningkat 3x lipat di Sulawesi Selatan.

Selain itu produk digital selama kuartal 1 2023 yang mengalami peningkatan di Tokopedia yakni, Kabupaten Tana Toraja: Listrik, Angsuran Kredit, Internet dan TV Kabel, Pulsa, dan Paket data. Kabupaten Toraja Utara: Listrik PLN, Pulsa, Angsuran Kredit, dan BPJS. Kota Makassar: Air PDAM, Angsuran Kredit, Pulsa, Listrik PLN, dan Paket Data.

“Tokopedia juga bekerja sama dengan mitra strategis untuk mempermudah masyarakat akan kebutuhan layanan produk digital yang tersedia di 250 kota/kabupaten wilayah Indonesia, salah satunya di Kab. Tana Toraja dan Kab. Toraja Utara. Sehingga dapat membayar berbagai tagihan melalui Tokopedia dengan sistem transaksi yang lebih aman dan praktis,” ucap Ekhel.(*)


BACA JUGA