Aktivitas pedagang di salah satu pasar di Makassar.

Pasar Kalimbu, Dulu Primadona Kini Tergerus Pasar Modern

Kamis, 03 September 2015 | 04:00 Wita - Editor: Nilam Indahsari -

Halaman 1


Makassar, GoSulsel.com
– Pasar Kalimbu yang dulu menjadi primadona di kalangan masyarakat Sulsel, kini sudah mulai ditinggalkan oleh pembeli. Padahal dulu, segala kebutuhan bisa didapatkan di pasar yang mulai beroperasi pukul 2 dinihari hingga pukul 5 sore ini.

“Dulu pasar ini ramai dikunjungi oleh pembeli,” kisah H Habbureng (60) ketika ditemui di tokonya di Pasar Kalimbu, Rabu (27/8/2015).

pt-vale-indonesia

Di era tahun 1950-an, pasar yang terletak di Jalan Veteran Utara itu terkenal sebagai distributor gula merah ke daerah Irian, Palu, maupun beberapa daerah lainnya di Indonesia. Selain itu, ada puluhan kios dan lapak yang menggelar beragam hasil bumi dan produk industri seperti tekstil maupun aksesoris pria dan wanita.

Lebih lanjut Habbureng menjelaskan, selain pasar ini sudah banyak ditinggal oleh pedagang, pasar tradisional yang termasuk tertua di Makassar ini sudah mulai tergusur oleh pesatnya pembangunan gedung tinggi seperti pusat pertokoan. Tak cukup sampai di situ. Lahan Pasar Kalimbu juga semakin sempit perkara dibangunnya beberapa rumah warga.

“Lahan Pasar Kalimbu ini semakin sempit. Tidak heran, jika pasar ini mulai ditinggalkan oleh pedagang. Hanya satu dua pedagang saja yang masih tetap berdagang,” kata H Patahuddin (63) yang sejak lahir bermukim di dalam area Pasar Kalimbu.

Halaman 2

Meski demikian faktanya kini, pasar ini sudah punya pembeli tersendiri. Menurut H Patahuddin, mereka sebagian besar berasal dari luar daerah di antaranya dari Kabupaten Gowa, Bone, Sinjai, Pangkep, Selayar, dan beberapa daerah lain yang tidak dirinci oleh lelaki tua itu.

Pasar Kalimbu 2 Pasar Kalimbu 3

Reporter: Iskandar Achmad – GoSulsel.com