Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, hadir dalam MuO Bank Mandiri dan PT Pelindo.

Percepat Tol Laut, Bank Mandiri & Pelindo IV Tanda Tangan MoU

Kamis, 15 Oktober 2015 | 11:24 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Bank Mandiri dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV penandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk perjanjian kredit pembiayaan Makassar New Port. Ini dilakukan untuk percepatan pertumbuhan tol laut di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Pelindo IV melakukan sinergi dengan sesama BUMN seperti Bank Mandiri melalui pembiayaan pembangunan pelabuhan. Pembiayaan ini dalam bentuk kredit investasi sebesar Rp3 triliun,” kata Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri, Indarto Pamoengkas, dalam sambutannya, di MoU di Terminal Penumpang Angin Mammiri, Pelabuhan Makassar, Kamis (15/10/2015).

pt-vale-indonesia

Indarto mengatakan, pemanfaatan kredit ini setidaknya memiliki tiga tujuan utama, antara lain untuk pembangunan Makassar New port, untuk modernisasi peralatan bongkar muat petikemas, serta pembangunan pelabuhan-pelabuhan diwilayah operasional pelindo IV.

Halaman 2

“Kredit investasi sifatnya dikucurkan secara bertahap dan berjangka waktu hingga 7,5 tahun sesuai dengan kebutuhan pembangunan pelabuhan oleh perseroan pelindo IV,” tuturnya.

Penandatanganan perjanjian kredit dilakukan oleh Senior Vice President Corporate Banking Bank Mandiri, Indarto Pamoengkas dan Direktur Keuangan IV Budi Revianto.

Acara ini digelar di lokasi pelaksanaan acara ground breaking Makassar New port yang dihelat pada, 22 Mei 2015 di buka oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Dalam sambutannya ketika itu mengatakan, bahwa harus kembali di laut, karena 2/3 wilayah Indonesia adalah air dan kita memiliki 17 ribu Pulau, jangan melupakan itu.