Ilustrasi

2 Pembobol Rumah Kosong Sekarat Dihajar Massa di Antang

Minggu, 25 Oktober 2015 | 05:15 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Memed Slamet - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Andi Anwar (28) dan  Ade Rezki (25), pelaku membobol rumah kosong di Kecamatan Manggala, sekarat dihajar massa, Sabtu (24/10/2015) sekitar pukul 15.00 Wita. Sementara rekan mereka yang seorang lagi bernama Agus, warga Jalan Sunu, berhasil meloloskan diri. Namun sepeda motor yang digunakan dibakar massa.

“Ade Rezki, warga Jl Sunu dan Andi Anwar, warga Maccini Gusung dan seorang rekannya yang melarikan diri saat kepergok warga saat hendak membobol rumah kosong milik Sultan Bakti (42) di Perumahan Pesona Griya cluster Emerald C23, Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala,” kata Manager Perumahan Pesona Griya bernama Tiar (35), warga Perumahan Pesona Griya Cluster Emerald blok B 31, Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

pt-vale-indonesia

Tiar mengatakan, saat kejadian para pelaku datang menggunakan Mobil Honda Mobilio merah marun bernomor polisi DD 1270 XY. Mereka pun langsung parkir di garasi rumah korban, seolah-olah sebagai pemilik rumah.

Selanjutnya salah seorang pelaku turun dan langsung mencungkil pintu rumah korban. Saksi yang juga tetangga korban mendengar suara keras dari sebelah rumah sebanyak 2 kali. Ia pun keluar serta mendapati pelaku yang tiba-tiba berdiri dan bertanya kepadanya.

Halaman 2

“Berapa No Hp pemilik rumah ini?” tanya pelaku.

” Anda siapa?” saksi bertanya balik.

“Saya temannya,” pelaku menjawab.

Selanjutnya saksi masuk ke dalam rumah untuk mengambil sesuatu dan mendengar mobil pelaku mengarah keluar dengan kecepatan tinggi. Akhirnya saksi memanggil security untuk menghentikan kendaraan itu. Namun mobil berhasil meloloskan diri keluar perumahan. Namun sejumlah warga mengejar menggunakan motor dan berhasil dihentikan di depan toko “Rumah Kita” di Jalan Antang Raya.

Dalam aksi kejar-kejaran itu, sejumlah kendaraan bermotor disenggol oleh pelaku yang berupaya meloloskan diri. Tak pelak lagi, pelaku akhirnya berhasil dihentikan oleh warga saat terjadi kemacetan. Akhirnya, kedua pelaku dimassa oleh warga sekitar yang melihat kejadian dengan menggunakan batu, balok, dan benda lainnya. Namun rekan pelaku bernama Agus berhasil meloloskan diri.

Halaman 3

Aparat Mapolsekta Manggala yang tiba di lokasi kejadian berupaya menenangkan massa dan mengamankan pelaku. Selanjutnya, kedua pelaku dilarikan ke RS Bhayangkara Makassar. Sedangkan mobil milik pelaku dihancurkan seluruh kacanya serta beberapa bagian body mengalami penyok. Selanjutnya mobil dibawa ke kantor Mapolsekta Manggala.

Setelah dilakukan pemeriksaan di atas mobil, ditemukan sebuah jaket hitam dengan bercak darah. Dan di dalam kantong jaket didapati sejumlah perhiasan emas yang diduga sebagai hasil kejahatan serta sebuah jam tangan wanita.

Adapun barang bukti yang disita aparat berupa 1 unit mobil, perhiasan emas, mesin provider TV Channel Yes TV, botol minuman keras jenis (miras) Whiskey Mansion House, botol air minum mineral kecil berisi miras, ID Card Protelindo atas nama lelaki Syahrul, selembar kuitansi pembayaran cincin emas 23 Karat seberat 10 gram atas nama Arifin dan penerima atas nama Deddy yang berprofesi sebagai tukang emas senilai 4 juta tertanggal “Luwuk 3-4-210”.

Selain itu dari tangan pelaku juga diamankan satu buah senjata Air Softgun jenis FN tanpa magazen serta sebuah telepon genggam merk Samsung warna hitam.

Halaman 4

Sampai saat ini, kedua pelaku masih dalam perawatan Tim Medis RS Bhayangkara.

“Kasus ini masih dalam pengembangan,” ujar Kapolsek Manggala Kompol Akbar Setiawan.


BACA JUGA