Calistung

Ratusan Guru SD di Gowa Ikut Workshop Calistung

Kamis, 29 Oktober 2015 | 09:42 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Halaman 1

Gowa,GoSulsel.com – Ratusan guru Sekolah Dasar (SD) di Gowa ikut workshop metode baca tulis (calistung) di kelas 1 dan 2 SD di Hotel Dinasty, Makassar, Kamis (29/10/2015) hari ini. Calistung ini dihapus kemudian diganti dengan motode permainan untuk belajar baca tulis.

“Para guru SD kelas 1 dan 2 ini akan diajari metode calistung atau mengajar dengan metode permainan kepada siswa. Tidak lagi mengajar dengan cara yang diajarkan selama ini,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah (Kabidikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Gowa,Syamsuddin, ketika dihubungi via telpon, Kamis (29/10/2015).

Syamsuddin mengatakan, metode calistung yang akan diterapkan di kelas 1 dan 2 SD ini sudah melalui penetian dilakukan oleh Disdikpora Gowa dan dibahas oleh pakar pendidikan dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia.

Halaman 2

“Penelitian metode calistung ini melibatkan guru besar dari berbagai PT di Indonesia. Sehingga, metode mengajar calistung dengan cara bermain untuk belajar membaca dan menulis anak sudah sesuai standar ketentuan,” tuturnya.

Dia mengatakan, ada 5 guru besar dari beberapa PTN diantaranya, UI, UPI Bandung, UGM, dan UNM Makassar. “Para guru besar ini akan memberikan materi metode mengajar sistem calistung kepada para guru SD kelas 1 dan 2 di Gowa,” ungkapnya.


BACA JUGA