Festival Sanrobengi
Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, yang disambut oleh para pengunjung festival dan warga Pulau Sanrobengi. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)
#

SYL Disambut Upacara Angngaru di Pembukaan Festival Sanrobengi Takalar

Jumat, 30 Oktober 2015 | 17:10 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Takalar, GoSulsel.com – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo, beserta rombongan disambut meriah oleh warga Takalar dengan tarian khas Makassar dan ritual Angngaru atau Aru’ pada pembukaan event Festival Sanrobengi di Takalar, Jumat (30/10/2015) pukul 4.30 sore.

Tarian ini digelar sebagai salah satu wujud penghormatan kepada kepala daerah atau pemimpin pada jaman dulu.

“Ada 3 jenis penyambutan yakni iring-iringan gandrang bulo, aru’, dan tari padduppa. Selain itu, ada acara pengalungan sebagai penghormatan,” ujar Kaharudin Dg Manyengka, Ketua Sanggar Gembok Galesong kepada GoSulsel.com, Jumat (30/10/2015).

Menurut panitia acara, gubernur beserta rombongan akan melakukan banyak kegiatan seperti membuka acara hingga perjamuan makanan tradisional di rumah adat Sulsel yang terletak di sekitar area panggung acara.



Halaman 2

Selain penyambutan tari budaya, Pulau Sandrobengi juga diramaikan oleh beberapa penjual makanan dan minuman seperti es kelapa muda, warung coto, dan sari laut. Ada juga yang menjual berbagai pakaian hingga aksesoris yang  sebagaian besar ditekuni oleh warga asli Pulau Turatea.

Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini berlangsung mulai hari ini, Jumat (30/10), hingga besok.

Berikut foto-foto pembukaannya:

Halaman 3

Festival Sanrobengi

Halaman 4

Festival Sanrobengi


BACA JUGA