Fort Rotterdam. (Foto: sobatpetualang.com).

LemINA Libatkan 59 Siswa Wisata Sejarah di Benteng Fort Rotterdam

Minggu, 15 November 2015 | 19:25 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Memperingati hari Pahlawan Lembaga Mitra Ibu dan Anak (LemINA) menggelar wisata sejarah. Kali ini LemINA melibatkan 59 Siswa Sekolah Dasar (SD) dari SD Negeri Sungguminasa IV, Kabupaten Gowa, di Bentteng Fort Rotterdam.

“Para siswa yang sekolahnya binaan LemINA untuk program NBS (Nulis Bareng Shobat) ini mengunjungi mengunjungi jejak sejarah Museum La Galigo yang berada di Bentteng Fort Rotterdam,” Ketua panitia, Andi Arifayani, ketika ditemui di Benteng Rotterdam, Minggu (15/11/2015).

Arifani mengatakan,tujuan kegitan kami, ingin memberikan edukasi tentang sejarah sejarah kepahlawanan ke adik-adik dan membangkitkan spirit-spirit kepahlawanan, selain itu juga edukasi tentang transportasi publik RBT, adik-adik ini mereka belum perna merasakan RBT tadi juga kami ajak adik-adik untuk tau bagaimana itu proses percetakan di media massa.

“Kami berfokus pada sekolah-sekolah binaan LemINA seperi SD Negeri Sungguminasa IV.
kata  aluminium Sastra Inggris Universitas Muhamamdiyah Makassar ini.

Halaman 2

Guru SD Negeri IV Sungguminasa, Hanurawati mengaku, gembira dapat terlibat pada kegitan tersebut. “Tentunya kami gembira, anak-anak bisa belajar dan jalan-jalan, apalagi seluruh biaya ditanggung oleh LemINA. ini juga sesui kurikulum 2013 mengunakan tema-tema sangat nyambung dengan kegiatan hari ini dengan tema kepahlawan” tambahnya.

Para siswa diajak mengunjungi museum La Galigo, dengan melihat alat tradisional penangkapan ikan, peralatan pembuatan perahu, miniatur kapal Phinisi, lepa,-lepa, bahan pembuatan perahu, bagan perahu, tentang budaya pesisir, peralatan keladang, jenis-jenis lesung dan sejarah kota-kota di Sulawesi Selatan seperi Pare-pare, Bone dan Palopo.


BACA JUGA