Ilustrasi
#

KPU Sulsel Gandeng Akademisi Untuk Ciptakan Pilkada Berintegritas

Rabu, 18 November 2015 | 22:48 Wita - Editor: Dahrul Mahfud - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Halaman 1
Makassar, GoSulsel.com – Pilkada serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015 mendatang, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel menggandeng akademisi untuk menciptakan Pilkada Berintegritas di 11 Kabupaten yang dilaksanakan serentak.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Iqbal Latif mengungkapkan, tujuan dilakukannya seminar dikampus ini, sebagai upaya menciptakan Pilkada yang dinilai tidak hanya sebagai proses demokratis namun juga berintegritas dan bermartabat.
“Apa yang dilakukan hari merupakan hasil pengamatan yang terjadi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir,” tuturnya saat menjadi pembicara di Seminar Nasional yang digelar Universitas Bosowa, Balai Sidang, Rabu (18/11/2015).
menurut Iqbal, untuk mengukur pilkada integritas dilihat dari output yang dilakukan. selain itu, kinerja penyelenggara pemilu harus bekerja secara profesional dengan kode etik sebagai penyelenggara.
“Apalagi pilkada serentak ini nantinya akan menyisakan tujuh gelombang hingga tahun 2027 mendatang,” imbuhnya.
Halaman 2
Ditempat yang sama pengamat politik Arief Wicaksono menambahkan, Pilkada serentak ini tidak luput dari berbagai permasalahan yang akan muncul, pasalnya pilkada serentak ini baru akan dimulai pada tahun 2015 ini
“Di era politik saat ini, seluruhnya mesti menjadi hal yang perlu dioptimalkan. Apalagi segala yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah hal yang berbau politik;” ungkapnya.


BACA JUGA