Logo Kabupaten Gowa

Awali Musim Tanam, Pemkab Gowa Gelar Appalili di Danau Mawang

Jumat, 20 November 2015 | 15:02 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sofyan - GoSulsel.com

Halaman 1

Gowa,GoSulsel.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar Musyawarah Appalili di Danau Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Jum’at (20/11). Acara ini digelar sebagai tanda dimulainya musim tanam 2015 di daerah berjuluk Gowa bersejarah.

“Appalili ini bertujuan mempertemukan antara petani/KTNA dengan tim teknis dan para stakeholder untuk menyamakan persepsi tentang rencana pengembangan pertanian Gowa 2016 mendatang. Ini dilakukan untuk saling bertukar informasi dan pengalaman serta mengungkapkan masalah yang dihadapi petani kemudian dicarikan solusinya,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura Gowa, Zulkarnaen, ketika ditemui sela acara.

pt-vale-indonesia

Zulkarnaen mengatakan, telah memfasilitasi Upaya Khusus (UPSUS) padi, jagung dan kedelai yang meliputi kegiatan optimasi, refocusing, GP PTT, SRI, Jaringan Irigasi, pendampingan dan pengawalan P2BN dan lain sebagainya.

“Sekadar diketahui, pada MT 2014/2015 dan MT 2015, luas capaian pada usaha tanaman pangan meliputi komoditi padi dengan luas tanam 40.589 Ha, luas panen 52.477 Ha dan produktivitas 62,23 kw/Ha, komoditi jagung dengan luas tanam 21.660 Ha, luas panen 38.711 Ha dan produktivitas 56,76 kw/Ha serta komoditi kedelai dengan luas tanam 5.888 Ha, luas panen 1.579 Ha dan produktivitas 24,84 kw/Ha,” ungkap mantan kepala badan lingkungan hidup.

Sekkab Gowa Muchlis mengatakan, musyawarah appalili ini merupakan tradisi yang telah dilakukan secara turun menurun yang dikemas dalam bentuk upacara adat untuk menandai awal musim tanam. “Kegiatan tahunan ini sebagai bentuk konsistensi kita dalam mempertahankan dan menjaga kebersamaan kita dalam mendukung progam swasembada pangan,” katanya.

Musyawarah Appalili ini turut dihadiri Kepala UPTD Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provinsi Sulsel, Andi Parenrengi, Wakil Ketua DPRD Kab Gowa, Hamli Halim, para camat, para kepala cabang Dinas Pertanian dan penyuluh pertanian di Gowa serta para ketua KTNA, kelompok tani, serta pemuda tani dan wanita tani.

Musyawarah Appalili yang mengawali musim tanam ini mengambil tema “Dengan Semangat Kebersamaan, Kita Tingkatkan Produksi dan Produktivitas Menuju Swasembada Pangan Nasional” dibuka secara resmi oleh Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis.