Ilustrasi
#

Hasil Survei Beri Gambaran Calon Pemenang Pilkada

Kamis, 03 Desember 2015 | 20:06 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com-Beberapa lembaga survei mulai merilis calon pemenang dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang. Menurut beberapa kalangan hasil ini bisa menjadi gambaran terkait perolehan suara yang akan diraih pasangan calon.

Seperti yang dirilis oleh Celebes Research Consulting (CRC) yang melakukan survei terhadap lima paslon yang akan bertarung dalam pilkada. Dimana dalam survei yang dilakukan di pertengahan bulan November kemarin, pasangan Adnan Purichta Ichsan- Abdul Rauf Malagani mendapat hasil sebesar 46,6 persen.

“Hasil Survei yang dilakukan terutama menjelang pelaksanaan Pilkada bisa memberikan gambaran pada publik pemilik suara terbanyak sebelum hari H pencoblosan,” kata pengamat politik, Arqam Azikin, Kamis (3/12/2015).

Lebih jauh, Arqam menjelaskan jika margin errornya berada di atas lima persen, maka sudah bisa dipastikan peluangnya terbuka lebar untuk memenangkan pilkada. Untuk diketahui survei yang dilakukan oleh CRC memiliki margin error di sekitar 3, ini tentu bisa mengambarkan kesalahan yang bisa terjadi saat survei.

“Untuk lembaga surveinya, saya kira masyarakat sudah bisa menilainya berdasarkan track recordnya selama ini. Silahkan dipertanggungjawabkan datanya secara kredibel dan validitasnya karena ini bagian pendidikan politik rakyat,” ucap dosen Unismuh ini.


BACA JUGA