Provincial Officer GF ATM Sulsel Mustafa Djide, saat memberikan menjelasan mengenai menanggulangan TBC, di Hotel Aryaduta, Makassar, Kamis (10/12/2015).

Dinkes Sulsel Imbau Penderita TBC Segera Berobat di Puskesmas

Kamis, 10 Desember 2015 | 13:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar segera mewaspadai & menanggulangi penyakit Tuberkulosis (TBC). Jika ada tanda-tandanya segera periksakan diri ke Pusat Pelayanan Kesehatan (Puskesmas) terdekat.

“Mari kita tanggulangi penyakit TBC dengan mengobati secara tepat dan cepat di Puskesmas, ” kata Provincial Officer GF ATM Sulsel Mustafa Djide, ketika ditemui diseminar di Hotel Aryaduta, Makassar, Kamis (10/12/2015).

Mustafa mengungkapkan, pengobatan penyakit TBC ini gampang-gampang susah. Gampangnya, jika ada tanda-tanda segera periksakan ke Puskesmas, sedangkan susahnya, penderita harus disiplinĀ  minum obat sesuai anjuran dokter hingga dinyatakan benar sembuh.

“Semua proses pengobatan penyakit ini tidak ada yang dibayar, mulai dari ujiĀ  laboratorium, pemeriksaan, hingga obatnya,” ujarnya.

Halaman 2

Dia meminta, apabila ada yang menemukan seseorang dengan ciri-ciri, batuk selama 2-3 minggu berdahak maka patut dicurigai.

“Sebaiknya disuru memeriksa ke klinik, pemeriksaannya gratis. Tanda lain juga seperti berat badan menurun, makan berkurang, dan ketika malam hari tubuh berkeringat,” jelasnya.


BACA JUGA